detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 21:44 WIB

3 Caleg DPRD di Kudus Gugat ke MK, Bawaslu Siap Beri Keterangan

Akrom Hazami - detikNews
3 Caleg DPRD di Kudus Gugat ke MK, Bawaslu Siap Beri Keterangan Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Tiga calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Kudus resmi mengajukan gugatan karena perselisihan hasil pemilu. Mereka ajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Bawaslu Kudus pun siap memberikan keterangan resmi tertulis dan juga keterangan lisan dalam permohonan itu.

Anggota Bawaslu Kudus Kasmian mengatakan, ada tiga caleg yang mengajukan gugatan ke MK, yaitu Agus Setia Budi dari Partai Hanura Dapil 3. Kemudian dari Dapl 4 yaitu Agus Wariono dari Partai Gerindra dan terakhir yaitu Bambang Kasriono dari PAN Dapil 3.

"Tiga caleg DPRD Kabupaten Kudus mengajukan permohonan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019," kata Kasmian saat rakernis pileg dan pilpres kepada media di salah satu hotel di Kudus, Kamis (30/5/2019) malam.

Selain siap memberi keterangan tertulis dan lisan, Bawaslu Kudus juga akan memberikan keterangan dalam PHPU berdasarkan yurisdiksinya berdasarkan surat tugas yang ditandatangani ketua Bawaslu M Wahibul Minan.

Dengan cakupan keterangan tertulis oleh Bawaslu meliputi data hasil pengawasan, putusan rapat pleno, dokumen dan bukti, setiap keterangan pada setiap halaman yang diparaf dan ditandatangani.

Pihaknya siapkan berita acara dan sertifikat hasil pungut suara di TPS, berita acara, dan sertifikat hasil rekap perolehan suara di PPK, KPU kabupaten, KPU provinsi dan KPU.

"BA (berita acara) dan keputusan KPU setiap tahapan, laporan hasil pengawasan, data terkait penanganan pelanggaran dan sengketa proses serta tindaklanjutnya, rekap data penanganan pelanggaran," katanya.

"Dan penanganan sengketa, dokumen dan/atau data lainnya terkait hasil kinerja pengawas pemilu yang dapat disampaikan dalam persidangan," ujarnya.

Dia memerincikan untuk caleg Agus Setia Budi dengan petitum permohonan berupa pemilihan ulang di TPS tertentu khusus pemilu DPRD Kabupaten KUdus dapil Kudus 3.

Untuk Bambang Kasriono dari PAN Dapil 3, pemohonnya adalah PAN. Dengan petitum permohonan mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, membatalkan keputusan KPU, dan menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk pemohon di beberapa daerah.

"Dari PAN ini juga sudah mendatangkan lawyer. Kalau yang dua lainnya masih atas nama pribadi," ujarnya.

Sedangkan pemohon Agus Wariono petitum permohonannya mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, membatalkan keputusan KPU, menetapkan hasil perolehan suara yang benar di beberapa daerah, memerintahkan KPU untuk melakukan penghitungan suara ulang di dapil 4 Kudus, dan meminta Bawaslu melakukan pengawasan penghitungan suara ulang.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed