detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 21:30 WIB

Demi Arus Mudik, TNI AU Setop Sekolah Terbang di Adisutjipto

Ristu Hanafi - detikNews
Demi Arus Mudik, TNI AU Setop Sekolah Terbang di Adisutjipto Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Lanud TNI AU Adisutjipto menyetop sekolah terbang selama masa mudik Lebaran 2019. Slot terbang militer bakal dialihkan untuk menunjang extra flight komersial di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

"Adanya penambahan extra flight seluruhnya kami akomodir sesuai prosedur. Latihan penerbangan militer, khusus siswa sekolah penerbang direncanakan latihan terakhir besok, 30 Mei-10 Juni kami off flying. Kami support beri kesempatan kepada airlane untuk menambah flight mendukung masyarakat yang mudik Lebaran di Yogya," kata Kadis Ops Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb Feri Yunaldi, Selasa (28/5/2019).

Hal itu disampaikannya di sela Apel Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H) di Lapangan NDB AP I Bandara Adisutjipto.

Tak hanya mengalihkan slot latihan terbang untuk slot komersial, TNI AU juga mendukung pengamanan di kompleks Bandara Adisutjipto.

Selain itu, TNI AU juga akan membuka akses ke dalam Lanud jika arus lalu lintas di Jalan Solo atau depan kompleks Bandara Adisutjipto padat.

"Apabila terjadi kemacetan di sekitar Bandara Adisutjipto, kita sudah koordinasi dengan Angkasa Pura I dan Polri. Pengalihan arus dibuka dari jalan Solo ke arah AAU, masuk kemudian belok kanan ke arah barat dan keluar di Tugu Contong," jelasnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama pihaknya sudah membuat contingency plan mengenai antisipasi kepadatan akses masuk dan keluar bandara.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pangkalan TNI AU Adisutjipto dan juga Polri, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan akses jalan AU ketika terjadi kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan lokasi tambahan parkir kendaraan di area lapangan sepakbola sisi barat kantor Angkasa Pura I.

(bgs/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com