detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 11:40 WIB

Catat! Ini Dia Lokasi Kantong Parkir Bagi Wisatawan Lebaran di Yogya

Ristu Hanafi - detikNews
Catat! Ini Dia Lokasi Kantong Parkir Bagi Wisatawan Lebaran di Yogya Jalan Malioboro, Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Dinas Perhubungan memprediksi sekitar 4 juta kendaraan bakal masuk ke DIY selama masa mudik dan libur Lebaran 2019. Sejumlah kantong parkir dipersiapkan untuk kendaraan wisatawan yang berlibur di objek-objek wisata.

"Ada beberapa yang sudah disiapkan, ada di Beskalan, Tempat Parkir Abu Bakal Ali, Senopati, di Ngabean. Itu bisa menampung 175 bus," kata Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo di sela gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di Mapolda DIY, Selasa (28/5/2019).

Dinas Perhubungan juga menyiapkan tempat parkir di eks STIE di Jalan Parangtritis jika kantong parkir di dalam kota penuh. Lokasi tersebut mampu menampung sekitar 400 kendaraan.


"Kita juga siapkan di sirip-sirip jalan tergantung kondisi dan situasi di lapangan, bisa juga parkir di eks UPN. Nanti ada petugas di lapangan yang mengarahkan," jelas Sigit.

Sigit menyampaikan, pihaknya juga menyiapkan skema awal untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di dalam kota. Yakni merekayasa arus dan durasi traffic light di sejumlah titik dengan menyesuaikan kondisi dan situasi di lapangan.

"Kalau yang jelas, sekarang kota supaya lebih lancar kita rekayasa lampu hijaunya. Yang keluar kota hijaunya banyak, yang di dalam kota hijaunya agak sedikit, itu salah satunya," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed