detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 11:24 WIB

Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Malioboro Selama Libur Lebaran

Usman Hadi - detikNews
Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Malioboro Selama Libur Lebaran Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Polresta Yogyakarta telah menyiapkan opsi rekayasa lalu lintas (lalin) selama libur lebaran 2019 di jantung Yogyakarta, Jalan Malioboro. Opsi tersebut akan diambil apabila kepadatan kendaraan di Jalan Malioboro sudah membeludak.

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini, mengatakan sebenarnya jajarannya tak ingin menutup Jalan Malioboro selama libur lebaran. Sebab, ia menyadari Jalan Malioboro adalah jantung Yogyakarta dan semua wisatawan ingin mengunjunginya.

"Pada prinsipnya kita tidak ingin menutup Malioboro ini, karena itu kan icon Kota Yogyakarta. Jadi semua orang ingin lewat Malioboro," ujar Armaini usai Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Progo 2019 di Parkir Amongraga, Selasa (28/5/2019).

"Memang jam-jam di hari biasa (Jalan Malioboro) sudah macet. Tapi meskipun macet roda tetap berjalan. Ya kita upayakan untuk tidak kita tutup. Tapi kalau memang terpaksa sekali ya mungkin kita tutup, nggak lama-lama kok," sambungnya.

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetio, menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan opsi buka-tutup di Jalan Malioboro. Selain itu pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas, termasuk mengoptimalkan sirip-sirip Jalan Malioboro.


"Itu sirip-sirip di kanan-kiri Jalan Malioboro untuk pembuangan (kendaraan), jadi untuk jalur keluar kendaraan," ungkapnya.

Sirip-sirip jalan tersebut seperti Jalan Sosrowijayan, Jalan Perwakilan, Jalan Sosrokusuman, Jalan Dagen, Jalan Suryatmajan, Jalan Pajeksan, Jalan Ketandan Wetan, Jalan Beskalan, Jalan Remujung, Jalan Pabringan dan sirip jalan lainnya.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com