DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 15:27 WIB

Hingga April 2019, Ada 16 Teroris yang Diamankan di DIY

Usman Hadi - detikNews
Hingga April 2019, Ada 16 Teroris yang Diamankan di DIY Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol Ahmad Dofiri, mengatakan sudah 16 orang yang terlibat jaringan terorisme ditangkap di wilayah DIY. Penangkapan itu dilakukan Tim Densus 88 sejak pertengahan 2018 sampai 13 April 2019.

"Jadi ada 16 orang lebih dari mulai pertengahan 2018 sampai dengan sekarang, dan terakhir kemarin yang tanggal 13 (April 2019) itu kan sudah kita lakukan penangkapan juga," jelas Dofiri kepada wartawan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (20/5/2019).

Dijelaskannya, penangkapan teroris pada 13 April 2019 terhadap Agus Melasi (37) di Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, masih ada sangkut pautnya dengan jaringan terorisme yang dilumpuhkan kepolisian Malaysia baru-baru ini.

Sebelum ini, Kepolisian Malaysia memang mengamankan dua warganya dan seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka ditangkap karena merencanakan serangan terhadap gereja-gereja di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

Menurut Dofiri, ketiga teroris yang ditangkap Kepolisian Malaysia masih satu jaringan dengan teroris yang sudah dilumpuhkan di Yogyakarta. Mereka pernah belajar merakit bom bersama Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Yogya tahun 2018 lalu.

"Iya (satu jaringan), artinya pernah bertemu di Yogyakarta," tuturnya.

Sementara menjelang lebaran 2019, Dofiri meminta masyarakat dan wisatawan tak perlu khawatir karena jaringan-jaringan terorisme yang ada telah dilumpuhkan. Pihaknya juga berkomitmen untuk menjaga keamanan masyarakat di DIY.

"Saya kira kita semua menjamin pelaksanaan Operasi Ketupat nanti berjalan dengan aman dan lancar, dan masyarakat (dipastikan) juga nyaman baik ketika di perjalanan maupun ketika bersilaturahmi, beribadah maupun ke tempat-tempat wisata," tutupnya.



Simak Juga 'Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan ISIS di Bogor':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed