DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 20:41 WIB

Agar Siap Saat Mudik, Pembangunan 3 Rest Area Tol Pemalang-Batang Dikebut

Robby Bernardi - detikNews
Agar Siap Saat Mudik, Pembangunan 3 Rest Area Tol Pemalang-Batang Dikebut Pembangunan rest area di Tol Batang. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pemalang - Ada tiga rest area di tol wilayah Kabupaten Pemalang-Batang yang bisa dimanfaatkan pemudik. Pembangunan ketiga rest area tersebut kini dikebut.

Tiga rest area tersebut di antaranya rest area berada di jalur A yakni arah Barat ke Timur atau Jakarta ke Semarang dan satu rest area berada di jalur B yakni jalur Timur ke Barat atau dari arah Semarang ke Jakarta.

Dari ketiga rest area tersebut sampai saat ini masih dalam progres penyelesaian. Satu diantaranya merupakan rest area fungsional yakni di wilayah Pemalang Batang Tol Road (PBTR) di KM 344-A Candiareng.

Sedangkan dua rest area lainnya sedianya masuk dalam rest area permanen namun hingga saat ini tahap pembangunan belum sampai 100 persen. Namun demikian dua rest area ini akan tetap difungskan rest area.

Keduanya dalam wilayah Batang Semarang Tol Road (BSTR) yakni di KM 360-B dan KM 379-A Gringsing.

Pada detikcom, Morids Hutagalung selaku Pengelola Rest Are 360-B, mengatakan sedianya rest areanya masih dalam proses tahap pembangunan. Namun sudah bisa difungsikan 24 jam.

"Sini sudah permanen. Ini tahap (pembangunan) pertama, nanti ada tahap kedua dan ketiga dengan luas 7 hektar," katanya.

Namun demikian pihaknya sudah membuka rest area hanya saja untuk daya tampung kendaraan belum maksimal. Morids mengaku parkir kendaraan kecil maksimal 100 sedangkan kendaraan besar (bus dan truk) 75.

"Kemarin memang masih pakai dispenser untuk SPBU. Namun sebelum tanggal 25 kita sudah siapkan SPBU permanen dan dari pertamina telah siapkan untuk kebutuhan BBM," katanya.

Dalam pantauan detikcom di lokasi rest area ini, hampir seluruh areal sudah tertutup beton dan bangunan permanen. Bahkan musala dan toiletpun sudah bisa digunakan. Ada juga beberapa UMKM yang menyediakan makanan-minuman.

Beberapa pekerjapun masih merapikan sejumlah pekerjaan seeprti ruagan-ruangan istirahat. Tidak jauh terdapat SPBU permanen yang belum difungsikan. Sementara ini hingga tanggal 24 Mei 2019 masih menggunakan SPBU sementara.

Pembangunan rest area di Tol Batang. Pembangunan rest area di Tol Batang. Foto: Robby Bernardi/detikcom

Rest area KM 360-B ini merupakan satu-satuta rest area di jalur B (arah Timur ke Barat atau Semarang ke Jakarta), yang bisa ditemukan saat masuk Kabupaten Batang hingga lepas Kabupaten Pemalang.

Jika anda melakukan perjalanan dari arah Timur ke Barat, setidaknya maksimalkan pengisian BBM di rest area ini. Pasalnya rest area di jalur yang sama yakni Jalur B hanya bisa ditemukan lagi saat masuk Kabupaten Tegal.

Sementara itu penampakan berbeda dengan rest area KM 379-A yang berada di Gringsing. Di rest area ini memang tengah dilakukan pembangunan secara permanen.

Namun dalam pantaun detikcom tidak seperti di rest area 360-B yang sudah hampir jadi, di rest area ini jauh dari kata jadi. Ada hamparan luas lapang yang masih bertanah. Bahkan beberapa pekerjapun masih berkecimpung dalam pembuatan saluran air.

Rest area di Tol Batang. Rest area di Tol Batang. Foto: Robby Bernardi/detikcom

Heri Muryanto, pengelola rest area 379A Jasa Marga, mengakui kendati kondisinya demikian namun dipastikan pada H-10 rest area setempat bisa difungsikan.

"Untuk on (fungsionalnya) sendiri kita siap di hari H-10. Itu seluruh titik rest area di jawa tengah. Di Batang untuk wilayah kami ada di 379-A dan 360-B," katanya.

Saat ini pihaknya mengaku tengah mengebut persiapan kebutuhan fasilitas untuk pelayanan pada masyarakat pemudik di jaur tol setempat.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed