DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 13:45 WIB

Ada Perayaan Waisak, Begini Rekayasa Lalin di Sekitar Borobudur

Eko Susanto - detikNews
Ada Perayaan Waisak, Begini Rekayasa Lalin di Sekitar Borobudur Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Perayaan Waisak di Candi Mendut dan Borobudur akan berlangsung mulai hari ini. Untuk itu, akan ada rekayasa arus lalu lintas di jalur sekitarnya.

Selama prosesi arak-arakan dari Candi Mendut hingga Candi Borobudur, jalanan akan disterilkan mulai pukul 14.00-16.00 WIB. Jalan yang steril ini dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur sepanjang 3,7 km.

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, untuk pengamanan perayaan waisak dilakukan pola penyekatan maupun pola pengalihan arus berkaitan dengan prosesi arak-arakan. Adapun arak-arakan ini akan dilangsungkan dari Candi Mendut menuju Candi Borodurur.

"Kita sudah siapkan juga ada pola penyekatan, pola pengalihan arus berkaitan dengan nanti prosesnya. Kita mohon pengertian dari masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur," kata Yudi usai apel pengamanan di Lapangan Drh Soepardi, Sawitan, Kabupaten Magelang, Sabtu (18/5/2019).


Adapun pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan selama dilangsungkan prosesi arak-arakan berlangsung. Untuk itu, pengunjung yang datang dari arah Jogja maupun Semarang dengan tujuan Candi Borobudur melewati Blabak, Blondo belok kiri menuju arah Sawitan hingga pertigaan Masjid An Nur belok kanan. Kemudian hingga menuju arah Koramil Borobudur, pasar hingga menuju Candi Borobudur.

Kemudian, untuk umat Buddha yang akan mengikuti prosesi, dari arah Yogyakarta maupun Semarang, setelah pertigaan Masjid An Nur terus menuju hingga Lapangan Drh Soepardi. Angkutan diparkir, kemudian umat dari lokasi parkir menuju Candi Mendut disediakan mobil yang menjemput maupun andong.


Sedangkan yang dari arah Kalibawang, Kulonprogo, untuk menuju Candi Borobudur bisa langsung melewati jalur alternatif melewati Jagalan, Sambeng hingga Borobudur.

Yudi menjelaskan proses pengamanan Waisak telah dilakukan mulai hari ini hingga besok. Adapun yang terlibat dalam pengamanan sebanyak 1.238 personel.

"Kita hari ini sudah menyiapkan 1.238 personel yang akan kita libatkan gabungan dari TNI/Polri. Dari Polri sendiri kita ada bantuan BKO dari Polda Jateng, Polda DIY, yang juga ada rekan-rekan dari eks Polwil Kedu yang diperbantukan," kata Yudi.



Tonton juga video Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Prosesi Menuju Hari Waisak:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed