DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 14:10 WIB

Api Dharma Waisak Diambil di Api Abadi Mrapen Grobogan Hari Ini

Akrom Hazami - detikNews
Api Dharma Waisak Diambil di Api Abadi Mrapen Grobogan Hari Ini Pembacaan Parita Suci depan patung Buddha di lokasi Api Abadi Mrapen Grobogan. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Grobogan - Umat Buddha melaksanakan pengambilan api dharma atau api alam Waisak di Api Abadi Mrapen di Grobogan hari ini. Prosesi ini diawali dengan Puja Bakti oleh masing-masing Majelis Agama Buddha.

Sejumlah biksu menyalakan lilin lima warna di altar. Lima warna tersebut yakni warna biru melambangkan bakti, warna kuning (bijaksana), merah (cinta kasih), putih (kesucian), dan warna oranye lambang semangat.

Para perwakilan majelis kemudian membacakan parita suci dengan khusyuk dan khidmat. Hingga akhirnya mereka melakukan pengambilan api di Mrapen.

"Dalam rangka Perayaan Tri Suci Waisak Candi Mendut dan Candi Agung Borobudur Magelang 14-19 Mei 2019," kata Ketua Panitia Pelaksana pengambilan api, Tanto Sugito Harsono, kepada wartawan di kawasan Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (17/5/2019).

Setelah pengambilan api abadi, kegiatan akan dilanjutkan besok di ke Mendut dan Borobudur. Setelah seremonial ini akan diadakan upacara pemberkatan api.

Pengambilan Api Abadi Mrapen Grobogan.Pengambilan Api Abadi Mrapen Grobogan. Foto: Akrom Hazami/detikcom

"Nanti api akan dibawa dengan mobil. Api akan disemayamkan dan disandingkan dengan air suci yang kemarin diambil dari Umbul Jumprit (Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung)," kata Tanto.


Tanto menjelaskan bahwa api merupakan sumber kehidupan yang berguna untuk semua.

"Jadi kita sendiri umat Buddha tidak hanya doa untuk sendiri tapi untuk bangsa," harapnya.

Biksu dan forkopinda Grobogan membawa api sebelum dikirab di lokasi Api Abadi Mrapen Grobogan. Biksu dan forkopinda Grobogan membawa api sebelum dikirab di lokasi Api Abadi Mrapen Grobogan. Foto: Akrom Hazami/detikcom

"Sehingga akan jaya, maju, akan terang hidup kita. Kita harapkan dengan adanya api abadi ini kita sebagai bangsa Indonesia bisa lebih maju menuju lebih baik," tambah Tanto.

Acara ini, lanjut Tanto dihadiri oleh anggota Walubi secara nasional. Bahkan hadir juga yang memimpin parita suci dari Thailand.

Kepala Kesbangpol Linmas GroboganDaru Wisakti , membacakan sambutan Bupati Sri Sumarni menyebut selain menjadi acara keagamaan, acara ini memiliki banyak manfaat lain.

"Api bisa dimanfaatkan untuk acara keagamaan, olahraga, dan kegiatan manfaat lainnya. Selain juga meningkatkan kunjungan ke Grobogan," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed