DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 16:09 WIB

Awali Waisak, Para Bhikku Ambil Air Berkah di Mata Air Temanggung

Eko Susanto - detikNews
Awali Waisak, Para Bhikku Ambil Air Berkah di Mata Air Temanggung Pengambilan air suci untuk Waisak 2019 (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Temanggung - Pengambilan air berkah dilakukan di Umbul Jumprit, Parakan, Kabupaten Temanggung. Hal ini dilakukan terkait rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE/2019. Selanjutnya, air berkah tersebut dibawa untuk disemayamkan di Candi Mendut.

Sebelum dilakukan pengambilan air berkah, terlebih dahulu dilakukan puja bhakti pensakralan air berkah oleh para Bhikku Sangha dan rohaniawan. Selain itu, oleh majelis-majelis Agama Buddha secara bergantian.

Wakil Ketua Pengambilan Air Berkah, Martinius Nata, mengatakan setiap tahunnya umat Buddha mengadakan acara Puja Bhakti Waisak. Untuk hari ini melakukan puja bhakti air berkah dan besok dilanjutkan dengan melakukan puja bhakti api. Nantinya api dan air berkah akan disemayamkan di Candi Mendut.

Awali Waisak, Para Bhikku Ambil Air Berkah di Mata Air TemanggungPengambilan air suci untuk Waisak 2019 (Foto: Eko Susanto/detikcom)

"Akan digunakan untuk merayakan detik-detik Waisak pada tanggal 19 Mei di Candi Borobudur," katanya saat ditemui di sela-sela pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Kamis (16/5/2019).

Salah satu rohaniawan, Bhiksu Diana Duta mengatakan, air suci di dalam Agama Buddha menjadi makna sangat tinggi. Hal ini karena air memberikan kehidupan di bagi seluruh makhluk hidup tanpa terkecuali.
Awali Waisak, Para Bhikku Ambil Air Berkah di Mata Air TemanggungPengambilan air suci untuk Waisak 2019 (Foto: Eko Susanto/detikcom)

"Air mempunyai sifat rendah hati, dimana air ketika memberi kehidupan dia tidak memilih kepada siapapun. Air walaupun dihina, artinya ketika orang sudah menggunakan air, dia dibuang di selokan, dikotori, dia tetap tenang tidak pernah marah, tetap memberikan sumbangsih kepada kehidupan," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed