DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 14:17 WIB

Dear Pemudik, Ini 7 Jalan Alternatif yang Sudah Disiapkan di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Dear Pemudik, Ini 7 Jalan Alternatif yang Sudah Disiapkan di Brebes Ruas Tanjung Kersana yang disiapkan untuk jalur alternatif mudik 2019. Foto: Dok Dinas PU Brebes
Brebes - Pemkab Brebes, Jawa Tengah, menyiapkan tujuh jalur alternatif untuk menghadapi arus mudik 2019. Proses perbaikan di tujuh jalur alternatif kini terus dikebut dan ditargetkan pada H-10 Lebaran sudah siap digunakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Satibi menjelaskan, tujuh ruas jalur alternatif yang disiapkan itu meliputi, ruas jalan Brebes-Jatibarang, Tangglok-Songgom, Losari-Bojongsari, Tanjung-Kersana, Bulakamba-Slatri, Kuramendala-Purwodadi-Linggapura-Balapusuh dan Sitanggal-Larangan.

"Semua jalur itu adalah ruas penghubung antara jalan nasional ke jalan provinsi maupun kabupaten. Sehingga bila terjadi kemacetan bisa dialihkan ke jalur alternatif ini," kata Kepala Dinas PU Brebes, Satibi, Kamis (16/5/2019) siang.

Kondisi jalur alternatif tersebut, sambung Satibi, saat ini memiliki tingkat kerusakan yang berbeda-beda. Di ruas jalan Brebes-Jaribarang misalnya, ada perbaikan ruas jalan sepanjang 1.000 meter dengan kategori rusak ringan. Kemudian, Tangglog-Songgom perbaikan rusak berat sepanjang 2.650 meter. Di ruas Losari-Bojongsari perbaikan rusak berat 0,210 meter. Tanjung-Kersana kondisi rusak berat 0,085 meter dan Bulakamba-Slatri kondisi rusak berat 2,040 meter.

"Kendati masih ada perbaikan, tetapi kami yakin pekerjaannya bisa selesai tepat waktu. Bahkan, khusus untuk ruas Jalan Linggapura-Balapusuh sekarang sudah siap dilalui," tambah Satibi.

Penanganan perbaikan menjelang arus mudik Lebaran tidak hanya pada jalur mudik, tetapi ruas jalan menuju obyek wisata. Jalur ini juga menjadi prioritas perbaikan. Di antaranya, akses jalan menuju obyek wisata Pulau Cemara (Sawojajar), Pantai Randusanga Indah (Brebes) dan Waduk Malahayu (Banjarharjo).

"Lebaran biasanya identik dengan mengunjungi lokasi wisata, jadi beberapa titik jalan menuju destinasi wisata juga terus kami kebut perbaikannya," terangnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed