DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 17:14 WIB

Menhan Minta Alumni SMA TN Jadi Pembela Pancasila

Eko Susanto - detikNews
Menhan Minta Alumni SMA TN Jadi Pembela Pancasila Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu meminta kepada alumni SMA Taruna Nusantara (TN) untuk melaksanakan bela negara dan membela Pancasila serta UUD 1945. Jika tidak melaksanakan bela negara dan tidak membela Pancasila serta UUD 1945 menjadi pengkhianat kepada bangsa dan bagi orang tua.

"Kalau kalian tidak melaksanakan bela negara dan tidak membela Pancasila serta UUD 1945 maka kalian telah menjadi pengkhianat kepada bangsa ini dan pengkhianat bagi orang tua dan pendahulu-pendahulu kalian yang telah memperjuang kemerdekaan bangsa ini dengan tetesan darah, keringat dan air mata, yang juga telah mendirikan sekolah ini," kata Menhan saat menyampaikan amanat dalam Upacara Prasetia Alumni dan Penutupan Pendidikan Siswa Kelas XII Angkatan 27 SMA Taruna Nusantara Tahun Pendidikan 2016-2019, Selasa (14/5/2019).

Dalam kesempatan itu, Menhan juga menyampaikan ucapakan selamat bagi bagi para siswa SMA Taruna Nusantara TN angkatan 27 yang telah berhasil dengan baik dalam menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun. Adapun berakhirnya di SMA TN merupakan awal dan titik dari rangkaian proses panjang pembentukan jati diri generasi muda Indonesia yang sesungguhnya.

"Berakhirnya masa pendidikan di SMA TN ini baru merupakan awal dan titik tolak dari rangkaian panjang proses pembentukan jati diri generasi muda Indonesia yang sesungguhnya," katanya.

"Kalian adalah putra putri terbaik bangsa yang telah dididik dan dipersiapkan secara sistematis dan terarah untuk menjadi calon-calon pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Jadilah kalian sebagai generasi muda Indonesia yang maju dan berkarakter, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya," katanya.

"Selain itu, para alumni harus memiliki kekuatan integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama," ujar Menhan.

Menurut Menhan, alumni SMA TN merupakan generasi muda Indonesia keturunan pejuang dan patriot-patriot bangsa Indonesia. Selain itu, juga sebagai pewaris utama kemurnian nilai-nilai Pancasila.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +