DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 15:20 WIB

Kata Guru tentang Hafidh Siswa SMAN 4 Solo Peraih Nilai UN Sempurna

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kata Guru tentang Hafidh Siswa SMAN 4 Solo Peraih Nilai UN Sempurna Ananda Hafidh Rifai. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Siswa SMAN 4 Surakarta, Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, meraih nilai sempurna untuk empat mata pelajaran Ujian Nasional (UN). Dia dikenal sebagai anak yang pendiam.

"Anaknya memang cenderung introvert, pendiam. Namun dia sopan dengan guru, tidak macam-macam. Dengan keluarga dia juga peduli, bahkan kalau dapat snack aja dibawa pulang untuk adik-adiknya," kata Kepala SMAN 4 Surakarta, Agung Wijayanto saat dihubungi detikcom, Selasa (14/5/2019).

Di kegiatan belajar mengajar sehari-hari, kata Agung, sebenarnya Hafidh merupakan anak yang biasa saja. Namun dalam ujian memang kerap mendapatkan nilai bagus.


"Kesehariannya tidak menonjol, biasa saja. Tapi kalau tes, ujian memang bagus," ujar dia.

Ananda Hafidh Rifai bersama keluarga. Ananda Hafidh Rifai bersama keluarga. Foto: Dok pribadi


Selama ini sekolah membebaskan biaya pendidikan untuk Hafidh. Seperti diketahui, dia adalah anak yatim dan ibunya bekerja sebagai penjual mainan.


Kini Hafidh telah diterima di program studi Teknik Elektro Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melalui jalur SNMPTN Bidikmisi. Meski biayanya telah ditanggung pemerintah, sekolah masih mengusahakan mencarikan biaya hidup untuk dia.

"Kami bersama organisasi alumni berusaha mengumpulkan dana. Paling tidak untuk biaya hidup Hafidh di sana sebelum dana Bidikmisinya diterima," ujar Agung.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed