detikNews
Selasa 14 Mei 2019, 13:01 WIB

Agar Siap Dipakai Mudik, Jembatan Kolonel Sunandar Kudus-Demak Dikebut

Akrom Hazami - detikNews
Agar Siap Dipakai Mudik, Jembatan Kolonel Sunandar Kudus-Demak Dikebut Dirjen Bina Marga Sugiyartanto (rompi kuning) meninjau proyek jembatan Kolonel Sunandar perbatasan Kudus-Demak. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Proyek pengerjaan Jembatan Kolonel Sunandar perbatasan pantura Kudus-Demak ditargetkan rampung pada 20 Mei 2019 atau H-15 Lebaran. Sehingga pemudik sudah bisa melalui jembatan ini

"Tanggal 20 Mei sudah bisa. Atau paling lambat 24 Mei. Meskipun sebenarnya, kontraknya berakhir 13 Juni," kata Dirjen Bina Marga Sugiyartanto menjelaskan hal itu saat meninjau lokasi proyek pengerjaan jembatan Kolonel Sunandar, Selasa (14/5/2019).

"Hanya bisa maju hampir dua minggu lebih, tiga minggu, ya kalau 24 mei. Ya syukurlah. Saya apresiasi penyedia jasa dan teman-teman semua berkontribusi, baik pelaksana, pengawas, maupun koordinator pengawas dan kordinator pelaksana," imbuh dia.

Sugiarto membantah percepatan pembangunan akan mengurangi kualitas kontruksi jembatan. Dia membeberkan jika soal kualitas pengerjaan haruslah sesuai dengan kontrak yang ada.


"Oh nggak, sama yang namanya percepatan itu, itu kan tergantung masalah alat. Kalau tadinya normal-normal alatnya satu, sekarang jadi dua, kan bisa lebih cepat, dan kualitas tidak ada hubungannya. Kualitas tetap. Kualitas itu, yang kita pegang dokumen kontraknya. Kontrolnya seperti itu. Semua yang namanya kontrol kualitas referensinya dokumen kontrak," jelasnya.

Saat ini progres pengerjaan jembatan ini sudah rampung sekitar 95 persen. Sedangkan yang masih sedang dikerjakan adalah adalah pengerjaan pagar pembatas (hand railing) dan pengaspalan jembatan.


"Nggak sampai 5 persen ini. Paling 2-3 persen ini. Sampean lihat sendiri kan tinggal apa ini. Ini kecil lho ini. Besok selesai ini, kalau hanya hand railing ini dicor sebentar sambil jalan. Kerangka hand railing sudah siap, tinggal begitu pegangan selesai, disetting dicor sekaligus," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com