Perantau Wonogiri, Pemkab Menyiapkan 50 Bus Mudik Gratis untuk Anda

ADVERTISEMENT

Perantau Wonogiri, Pemkab Menyiapkan 50 Bus Mudik Gratis untuk Anda

Aris Arianto - detikNews
Kamis, 09 Mei 2019 13:50 WIB
Terminal Bus Wonogiri (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri - Pemkab Wonogiri menyediakan 50 armada bus mudik gratis Lebaran 2019. Jumlah tersebut meningkat dibanding lebaran tahun lalu.

"Tahun ini kami menyediakan armada 50 bus mudik gratis, kalau tahun lalu armadanya 40 unit. Program ini kami tujukan bagi perantau asal Wonogiri yang masuk kategori ekonomi lemah ," jelas Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto, kepada wartawan, Kamis (9/5/2019).

Dengan jumlah armada yang naik, sebut dia, anggaran yang disediakan juga bertambah. Untuk program mudik gratis Lebaran 2019, pihaknya menyediakan Rp 1 miliar. Program yang sama tahun lalu anggarannya sekitar Rp 850 juta.

"Bupati Wonogiri komitmen memperbaiki program mudik gratis Lebaran, termasuk dalam hal penganggarannya," tegas dia.


Fasilitas tersebut dinilai perlu karena perantau asal daerah Wonogiri sekitar 30 persen dari jumlah penduduk Wonogiri yang jumlahnya mencapai 1 juta jiwa. Sehingga, menurut dia, harus diimbangi dengan pelayanan dan perhatian Pemkab yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Untuk kelancaran program, pihaknya telah berkoordinasi dengan kalangan pengurus paguyuban perantau di Jakarta dan sekitarnya. Pengurus paguyuban bertugas mendata calon peserta mudik gratis.


Pihaknya menyarankan perantau yang tidak terdaftar mudik gratis Pemkab Wonogiri tetap merapat ke pengurus paguyuban. Hal tersebut karena biasanya dari kementerian maupun Pemprov DKI dan perusahaan swasta juga mengadakan program mudik gratis. (mbr/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT