DetikNews
Kamis 09 Mei 2019, 12:23 WIB

4 Calon DPD dari DIY Ini Diprediksi Lolos ke Senayan, Siapa Saja?

Usman Hadi - detikNews
4 Calon DPD dari DIY Ini Diprediksi Lolos ke Senayan, Siapa Saja? Ilustrasi pemungutan suara. Foto: Dok detikcom
Yogyakarta - Empat caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil DIY diprediksi melenggang ke Senayan. Tiga dari empat caleg adalah petahana di DPD RI, sementara seorang caleg merupakan pendatang baru.

Keempat caleg tersebut yakni Ratu Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Hilmy Muhammad atau Gus Hilmy, Afnan Hadikusumo dan Cholid Mahmud. Keempatnya diprediksi mengungguli calon lainnya.

Saat dihubungi detikcom, Gus Hilmy membenarkan data tersebut. Merujuk penghitungan suara internal, keempat caleg tersebut yang diprediksi mewakili DIY di DPD RI periode 2019-2024.

"Iya benar, sementara gitu," ucapnya, Kamis (9/5/2019).


Lolosnya Gus Hilmy cukup mengagetkan. Lantaran ia adalah pendatang baru di bursa DPD RI Dapil DIY. Apalagi perolehan suaranya dalam data yang diperoleh saat ini mengungguli caleg petahana lain seperti Afnan dan Cholid Mahmud.

Tak hanya itu, ia juga berhasil menyingkirkan caleg petahana Hafidh Asrom. Gus Hilmy pun berbicara mengenai kunci kesuksesannya dalam Pileg 2019 ini.


"Ya karena dukungan (jemaah) Nahdlatul Ulama, dan tim saya sangat solid," jelasnya.

Disinggung mengenai jumlah perolehan suara yang didapat, Gus Hilmy memilih diam. Ia beralasan masih menunggu hasil rekapitulasi KPU DIY yang hingga kini masih berlangsung di JEC, Bantul.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed