detikNews
Selasa 07 Mei 2019, 12:57 WIB

Wagub DIY Imbau Masyarakat Sabar Tunggu Hasil Rekapitulasi KPU

Usman Hadi - detikNews
Wagub DIY Imbau Masyarakat Sabar Tunggu Hasil Rekapitulasi KPU Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, meminta masyarakat bersabar menunggu hasil rekapitulasi KPU RI.

Ia juga meminta masyarakat untuk saling menahan diri dalam merespon dinamika pemilihan presiden dan anggota legislatif di Pemilu 2019. Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas di wilayahnya.

"Kami mohon izin mewakili Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan harapan kepada masyarakat untuk tetap menunggu hasil (rekapitulasi KPU), kita tunggu saja bagaimana," ujar KGPAA Paku Alam X di kompleks Kepatihan, Selasa (7/5/2019).

"Kemudian setelah selesai pesta demokrasi baik itu pilpres maupun pileg ya, itu harapan kami masyarakat kembali kondusif. Pilihan berbeda itu wajar. Tapi harapannya tidak meruncing dan justru di bulan Ramadhan ini kita kembali bersatu," sambungnya.

Ia uga mengingatkan ada prosedur hukum yang mengatur sengketa Pemilu. Oleh sebab itu, lanjutnya, jika masyarakat menemukan dugaan kecurangan maka kasusnya bisa dibawa ke ranah hukum sesuai konstitusi yang berlaku.

"Karena bagaimanapun juga itu (dugaan kecurangan di Pemilu) ada mekanisme (penyelesaian) sendiri. Mungkin melalui pengaduan dan lain sebagainya," pungkas dia.



Tonton juga video KPU Gelar Rapat Pleno Lanjutan Rekapitulasi Suara Luar Negeri:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com