DetikNews
Senin 06 Mei 2019, 18:35 WIB

11 Petugas Pemilu di DIY Meninggal Dunia

Pradito Rida Pertana - detikNews
11 Petugas Pemilu di DIY Meninggal Dunia Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - KPU DIY menyebutkan ada 11 orang petugas yang meninggal dunia dan 48 petugas sakit pasca Pemilu. Berkenaan dengan hal tersebut, KPU DIY tengah menunggu santunan dari KPU RI yang diteruskan kepada keluarga.

"Sampai dengan hari ini ada 48 orang (petugas Pemilu) yang sakit, dan kemudian ada 11 orang yang meninggal dunia di DIY," ujar Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan saat ditemui di Jogja Expo Center (JEC), Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Senin (6/5/2019).

Lanjut Hamdan, jumlah tersebut masih bersifat sementara, mengingat saat ini KPU DIY masih melakukan pendataan terkait jumlah korban meninggal dan sakit pasca Pemilu. Mengenai penyebab meninggalnya 11 orang itu, Hamdan menyebut beberapa karena kelelahan setelah bertugas di TPS masing-masing.

"Saya belum mengecek lebih jauh mengenai penyebabnya, tapi ada beberapa yang sebelumnya sudah mengeluh sakit, atau terlalu capek kemudian penyakit yang diderita kemudian kumat. Tapi ada juga yang kita belum tahu penyebabnya kemudian meninggal dunia," katanya.

Hamdan menjelaskan, berkenaan dengan hal tersebut, KPU DIY akan memberi santunan kepada keluarga. Bahkan, guna mempercepat proses itu, KPU DIY sudah bersurat ke KPU RI.

"Sudah ada surat dari Jakarta (KPU RI), dari pak Sekjen (KPU RI) yang meminta kepada kita di KPU provinsi untuk melakukan verifikasi data. Jadi sudah kita laporkan, dan artinya tinggal menunggu saja," ucapnya.

"Untuk besaran santunannya berapa belum dijelaskan di surat (dari) Sekjen (KPU RI), tapi kemungkinan sama seperti yang ada di suratnya Kementerian Keuangan (petugas meninggal dunia Rp 36 juta)," imbuh Hamdan.

Diwawancarai terpisah, Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho mengakui ada satu tambahan 1 anggota KPPS yang meninggal pasca Pemilu. Dengan itu, jumlah petugas yang meninggal pasca Pemilu di Kabupaten Bantul berjumlah 2 orang.

"Satu lagi yang meninggal dunia itu bernama Markijan (59), dia anggota KPPS 21 Dusun Grogol 9, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Kalau meninggalnya sudah sejak tanggal 30 April (2019)," ucapnya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Bantul, Senin (6/5/2019).

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed