Perkenalkan, Ini Dia Dina Lulusan Magister UIN Yogya dengan IPK Sempurna

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 03 Mei 2019 11:20 WIB
Dina Khairunnisa. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Dina Khairunnisa (26), berhasil menjadi wisudawan magister terbaik dan tercepat di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia berhasil lulus S-2 dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4.00.

Dina adalah mahasiswa magister di program studi hukum islam dengan konsentrasi hukum bisnis dan syariah, di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia dinyatakan lulus sejak 14 Februari 2019.

Mahasiswi kelahiran Pontianak, 25 Mei 1993 silam ini mulai menempuh studi magister di UIN Sunan Kalijaga sejak 2017 lalu. Dina hanya membutuhkan waktu 1 tahun, 5 bulan dan 14 hari untuk menyelesaikan studinya.

Dina tak menyangka bisa menjadi lulusan terbaik dan tercepat dalam prosesi wisuda mahasiswa UIN Sunan Kalijaga periode III tahun akademik 2018/2019. Ia merasa bangga sekaligus terharu atas capaiannya tersebut.

"Awalnya nggak nyangka, pesimis juga bisa dapat IPK 4.00 kayak gitu. Karena kita menjalaninya ya sesuai dengan proses yang ada di UIN. Jadi haru, seneng, bangga juga bisa membanggakan orangtua," katanya, Jumat (3/5/2019).


Hal itu disampaikan Dina saat ditemui detikcom di sela prosesi wisuda mahasiswa UIN Sunan Kalijaga periode III tahun akademik 2018/2019 di Gedung Prof H Amin Abdullah (Multi Purpose) UIN Sunan Kalijaga hari ini.

Alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri Ini bercerita mengenai perjalanan akademiknya hingga mendapatkan IPK 4.00. Motivasinya berangkat dari kegagalannya menjadi yang terbaik di tingkat Strata 1 (S-1).

Dulu, ketika masih mengenyam pendidikan S-1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dina berambisi menjadi lulusan yang terbaik. Namun ia gagal, di akhir massa studi ia hanya memperoleh IPK 3,80.

Pengalaman ini lah yang mendorong Dina untuk lebih bersemangat dalam belajar. Usaha kerasnya pun tak sia-sia. "Allah-nya ngasih S-2 (di UIN Sunan Kalijaga) ini bisa menjadi yang terbaik dan tercepat," ungkapnya.

Selain itu, faktor long distance relationship (LDR) dengan sang suami mendorong Dina untuk segera menyelesaikan studinya di UIN Sunan Kalijaga. Ia ingin cepat lulus agar bisa tinggal serumah dengan suaminya di Jambi.

"Tapi kalau proses belajar ya memang harus rajin datang kuliah biar dapat nilai yang sempurna," ucap mahasiswi yang baru menikah pada Agustus 2018 ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Sutrisno MAg mengapresiasi capaian Dina. Apalagi Dina berhasil menjadi lulusan yang terbaik di angkatannya.

"Ini (lulusan magister dengan IPK 4.00) yang pertama dan termuda, baru 25 atau 26 tahun. Sebelumnya sudah ada mahasiswa S-2 yang juga mendapatkan IPK 4.00, tapi umurnya di atas 30 tahun," katanya. (ush/sip)