DetikNews
Rabu 01 Mei 2019, 20:20 WIB

Petani Organik di Lereng Merbabu Bentuk Koperasi

Aji Kusuma - detikNews
Petani Organik di Lereng Merbabu Bentuk Koperasi Foto: Aji Kusuma/detikcom
Semarang - Petani organik di lereng Merbabu Kabupaten Semarang membentuk koperasi. Hal itu didasari kesadaran pentingnya penguatan ekonomi bidang pertanian.

Koordinator Program Pertanian, Witjaksono, menyatakan sudah sudah sejak beberapa tahun lalu, pihakmya menggandeng petani untuk swasembada holtikultura. Ia menambahkan, dalam penataaan manajemen koperasi juga melibatkan petani.

"Sudah 2,5 tahun ini kita melakukan kerjasama dengan petani. Kami menggandeng petani-petani muda yang melek teknologi untuk diberi pelatihan dan manajerial koperasi, harapanya mereka bisa stabil menjadi petani sekaligus distributor bagi hasil pertaniannya," ujar Witjaksono kepada detikcom, di lahan pertanian Gapoktan Mekar Organik, Rabu Sore (1/5/2019).

Dirjen Holtikultura, Kementan RI, Suwandi menyatakan siap merealisasikan program-program yang berdampak baik bagi petani.

"Sudah lama petani kita ini menjadi penerima harga, mereka tidak bisa berkutik ketika harga anjlok. Namun melalui kinerja pemberdayaan petani, kita optimis petani mempunya daya kuat untuk menjadi penentu harga hasil pertanian," ujar Suwandi.

Suwandi berharap petani organik semakin kuat melalui program koperasi. Bukan hanya sekadar bertani tetapi juga membangun jejaring dengan pelaku usaha lain untuk mengembangkan usaha pertanian yang sudah dimiliki.

"Melalui program koperasi kelembagaan yang digaungkan PBNU, petani akan semakin kuat. Semakin baik pula jaringan dengan mitra usaha lain," tandas Suwandi.


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed