May Day di Banyumas, Ganjar Ajak Buruh Bersihkan Sampah

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 01 Mei 2019 13:05 WIB
Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Banyumas - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara peringatan hari buruh internasional di Banyumas. Sebelum memberikan sambutan di hari buruh internasional/May Day, Rabu (1/5/2019), ia meminta seluruh buruh yang hadir untuk membersihkan sampah yang ada di lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas.

Ajakan Gubernur Jawa Tengah tersebut disambut oleh para buruh yang hadir mewakili perusahaannya dengan ikut memunguti sampah plastik dan sisa kardus makanan disekitar tempat kegiatan.

"Ambil semuanya, kumpulkan ayoo, kumpulkan sampahnya," ajak Ganjar Pranowo sambil berjalan berkeliling.

Sambil berjalan berkeliling, Ganjar terus mengajak masyarakat, buruh dan pelaku UKM yang hadir dalam acara yang dikemas dengan senam bersama untuk mengambil sampah yang berserakan.

"Ayoo kita ambil sampahnya, terima kasih sudah buang sampah sembarangan. Ayo kita kumpulkan, tidak ikut tidak apa apa, bersihkan sampah ditaruh di tempat sampah. Semua jadikan satu jangan dibuang sembarang ya," ajaknya.

Kemudian, Ganjar mencari seorang ibu yang sempat memimpin dan mengajak orang yang hadir dalam kegiatan itu untuk mengambil sampah. Ganjar pun mengapresiasi semangat ibu bernama Tukirah tersebut yang sudah membantu mengajak memunguti sampah.

"Ibu yang memimpin siapa tadi?, Ibu Tukirah kerja dimana?," tanya Ganjar.

"Karyawan pak di Ajibarang," kata Tukirah.

"Kenapa mau memimpin pemungutan sampah," tanya Ganjar kembali.

"Supaya bersih dan sehat pak," katanya.

"Ya sudah, saya kasih hadiah 1 juta," aja Ganjar disambut rasa senang ibu Tukirah.

Usai memberikan apresiasi kepada Ibu Tukirah yang membantu memimpin memunguti sampah. Ganjar Pranowo kemudian mengajak para buruh untuk bersama sama berbahagia memperingati May Day.

"Tadi pagi saya sudah jalan sehat di Purbalingga bersama buruh, mereka gembira dan kita bisa bareng bareng berbahagia di May Day hari ini. Terima kasih sudah buat acara hari ini, hari buruh internasional semua berbahagia," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dibagikan juga doorprize motor, sepeda, tv, dan puluhan hadiah lainnya. Bahkan diakhir kegiatan, Ganjar Pranowo juga memotong tumpeng dan memberikannya kepada buruh yang dianggap paling tua.

Tonton video May Day, Buruh di Jabar Gelar Long March ke Gedung Sate:

[Gambas:Video 20detik]

(arb/bgs)