detikNews
Minggu 28 April 2019, 18:00 WIB

Sudirman Said: Banyak Petugas Pemilu Jadi Korban, Harus Ada Evaluasi

Imam Suripto - detikNews
Sudirman Said: Banyak Petugas Pemilu Jadi Korban, Harus Ada Evaluasi Sudirman Said di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said berharap ada evaluasi menyeluruh terhadap jalannya Pemilu. Menurutnya ada banyak laporan kecurangan dan juga banyak petugas Pemilu yang menjadi korban.

"Saya kira perlu evaluasi menyeluruh terhadap jalannya Pemilu 2019 ini. Laporan kecurangan terjadi di mana-mana. Dan yang tak kalah mengenaskan banyak petugas penyelenggaran Pemilu yang jadi korban, baik sakit maupun meninggal," terang Sudirman usai melakukan takziah ke kediaman almarhum Solehudin di Desa Tegalreja, Banjarharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/4/2019).

Sudirman berharap, Pemilu mendatang harus terkelola dengan baik mulai dari proses awal hingga pelaksanaan. Perlu adanya evaluasi secara menyeluruh baik tata cara maupun beban kerja petugasnya. Sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik tanpa adanya korban.


"Kita ingin hasil pemilu benar benar kredibel dan dipercaya publik. Jangan warnai pemilu ini dengan kecurangan. Tidak hanya ongkosnya terlalu mahal, tapi juga telah banyak mengorbankan banyak nyawa," imbuhnya.

Pemerintah, kata Sudirman Said, sudah selayaknya memberi perhatian khusus kepada keluarga korban meninggal maupun sakit dalam Pemilu 2019. Sebab para petugas Pemilu merupakan pahlawan demokrasi yang telah berjuang menjaga suara rakyat. Apalagi sebagian dari para petugas, terutama yang di desa-desa datang dari masyarakat kebanyakan, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani atau petugas keamanan.

"Apapun itu kehilangan nyawa tidak ada yeng menghendaki. Untuk itu perlu evaluasi secara menyeluruh. Ke depan Pemilu harus manageable sehingga tidak chaotik seperti sekarang," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed