Perolehan Kedua Capres Sama-sama Turun di TPS PSU Jepara

Wikha Setiawan - detikNews
Sabtu, 27 Apr 2019 18:01 WIB
Ilustrasi Pemilu (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Jepara - Paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dalam pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 5 Desa Lebuawu Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jateng. Namun demikian, perolehan kedua capres sama-sama turun karena pemilih banyak yang tidak hadir mencoblos.

Total pemilih yang hadir pada PSU 195, dan terdapat 2 suara tidak sah. DPT yang hadir mengalami penyusutan dari pemungutan suara 17 April lalu, yang mencapai 253.

KPU Kabupaten Jepara harus menggelar PSU di TPS 5 tersebut lantaran ditemukan dua pemilih dari luar Kabupaten Jepara tanpa memgantongi formulir A5.


Adapun, pada PSU tersebut hanya ada tiga kotak suara yang dihadirkan, yakni kotak DPD RI, DPR-RI dan PPWP (Pemilihan Presiden Wakil Presiden). Hal itu karena, pada saat pemilihan umum 17 April lalu terjadi kesalahan administrasi.

"Temuan itu saat dilakukan penghitungan di tingkat kecamatan. Jadi ada suami-istri asal Grobogan yang mencoblos di sini, tapi tanpa formulir A5. Jadi, direkomendasikan PSU," ujar Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Muhammadun, Sabtu (27/4/2019.


Ditambahkannya, pada PSU di TPS 5 Desa Lebuawu pasangan Jokowi-Amin unggul 137 suara dibanding Prabowo-Sandi 56 suara dan 2 suara tak sah. Pada Pemilu serentak 17 April lalu, di TPS tersebut Jokowi-Amin 01 meraup 182 suara, sedangkan Prabowo-Sandi 02 mengumpulkan 67 dan ada 5 suara tak sah.


Tonton video Dinilai Gagal Gelar Pemilu Serentak, KPU: Terlalu Dini Menyimpulkan:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)