Hasil PSU di Sukoharjo: Partisipasi Pemilih dan Suara Jokowi Turun

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 27 Apr 2019 17:33 WIB
Suasana coblosan ulang di salah satu TPS di Sukoharjo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo - Tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sukoharjo menggelar pemungutan suara ulang (PSU) hari ini, Sabtu (27/4/2019), salah satunya di TPS 12 Gedangan, Grogol. Hasil PSU untuk Pilpres menunjukkan keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Pasangan 01 itu memperoleh 223 suara, sedangkan pasangan 02 Prabowo-Sandi mendapatkan 23 suara. Dari total 255 pemilih, 9 di antaranya tidak sah.

Keunggulan Jokowi di TPS itu menurun dibandingkan saat pencoblosan 17 April lalu. Jokowi saat itu memperoleh 241 suara, sedangkan Prabowo 22 suara.

Jumlah partisipasi pemilih pun menurun. Saat itu terdapat 271 orang pemilih dengan 8 suara tidak sah. Sedangkan saat ini berkurang menjadi 255 orang pemilih.


Sementara itu, Jokowi-Ma'ruf juga unggul di dua TPS lain yang menyelenggarakan PSU hari ini. Dua TPS itu ialah TPS 07 Toriyo Kecamatan Bendosari dan TPS 05 Karanganyar Kecamatan Weru.

Di Toriyo, Jokowi unggul 166 suara dibandingkan Prabowo yang memperoleh 65 suara. Dari 235 pemilih, ada 4 suara tidak sah.

Di Karanganyar, Jokowi unggul 155 suara dibandingkan Prabowo dengan 42 suara. Dari 199 pemilih, 2 suara di antaranya tidak sah.


Komisioner Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo, mengatakan penghitungan akan dilanjutkan langsung ke tingkat kecamatan. Saat ini PPK juga tengah melakukan rekapitulasi hasil dari tingkat desa/kelurahan se-Sukoharjo.

"Prosesnya sama dengan pemilu 17 April lalu. Hari ini langsung kita hitung seluruh surat suara lalu kita kirim ke kecamatan," ujar Muladi.


Tonton juga video Dinilai Gagal Gelar Pemilu Serentak, KPU: Terlalu Dini Menyimpulkan:

[Gambas:Video 20detik]

(bai/mbr)