detikNews
Jumat 26 April 2019, 15:30 WIB

Korlantas Polri Pantau Potensi Pasar Tumpah di Jalur Utama Mudik

Imam Suripto - detikNews
Korlantas Polri Pantau Potensi Pasar Tumpah di Jalur Utama Mudik Irjen (Pol) Refdi Andri menyalami para pedagang pasar tumpah di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Korps Lalu Lintas Kepolisian RI memastikan sejumlah titik pasar tumpah di Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah aman untuk dilalui pemudik pada lebaran 2019.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengemukakan hal ini saat melakukan tinjauan di jalur mudik di Brebes, Jateng. "Sekarang ini, kita sedang berada di Pasar Linggapura, Brebes. Pasar ini setiap hari dibuka mulai jam 04.00 pagi sampai jam 11.00 siang," ujar Kakorlantas.

Kepadatan kendaraan di Pasar Linggapura, menurutnya, memang cukup tinggi. Terlebih, daerah ini merupakan daerah lintasan yang nantinya akan digunakan pergerakan para pemudik dari Brebes, khususnya dari arah Tol Pejagan menuju Yogyakarta dan Purwokerto.


Kakorlantas menyebut, daerah selatan ini akan menjadi lintasan utama dan menjadi primadona. Meski diprediksi bakal terjadi kepadatan kendaraan saat arus mudik, Diharapkan kegiatan jual beli tetap lancar serta pergerakan-pergerakan lain tetap berlangsung normal.

Selain Pasar Linggapura, Kecamatan Tonjong, kondisi serupa juga ditemui saat melintas daerah Karawang, Jawa Barat. Di wilayah tersebut, ditemui beberapa titik pasar tumpah yang rawan menjadi titik kepadatan arus lalu lintas.

Kakorlantas kembali memastikan, aktivitas masyarakat dapat terjamin, sehingga bisa melakukan jual beli dengan baik. Utamanya, pergerakan-pergerakan tidak terhambat. Nantinya, Korlantas Polri akan menerapkan beberapa program, sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk bisa saling mengerti.

"Tidak ada nanti masyarakat kita atau bagian dari masyarakat yang selama ini mungkin menggunakan jalan mudah-mudahan pada saatnya nanti ada saling pengertian lah," pintanya.


Tak hanya itu, Irjen Pol Refdi juga meminta petugas pasar, petugas-petugas yang ada di lingkungan, untuk bisa memberikan pemahaman, sehingga pemanfaatan jalan untuk pergerakan warga dapat tercapai.


Simak Juga 'Jalur Darat Diprediksi Jadi Primadona Musim Mudik 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com