detikNews
Kamis 25 April 2019, 09:58 WIB

Klaim PAN: 3 Anak Amien Rais Lolos Jadi Wakil Rakyat dari DIY

Usman Hadi - detikNews
Klaim PAN: 3 Anak Amien Rais Lolos Jadi Wakil Rakyat dari DIY Amien Rais mencoblos di Pemilu 2019. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta - Pantai Amanat Nasional (PAN) di DIY membuat catatan tentang pencalegan kader-kadernya. PAN menyebut 3 anak pendiri partai, Amien Rais, yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat berbagai tingkatan, terpilih sebagai wakil rakyat dengan dukungan besar.

Salah satu dari anak Amien Rais yang kembali menjadi anggota DPR RI adalah si sulung Ahmad Hanafi Rais. Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin, membenarkan lolosnya Hanafi ke Senayan.

Berdasarkan penghitungan internal partai, Hanafi berhasil memperoleh suara terbanyak dari jatah delapan kursi DPR RI untuk Dapil DIY. "Iya (Hanafi lolos DPR RI)," kata Nazaruddin saat dihubungi detikcom, Kamis (25/4/2019).


Berdasarkan penghitungan sementara internal partai, Hanafi berhasil mengantongi 120 ribu suara dari Dapil DIY. Perolehannya menjadi yang tertinggi dibanding tujuh kandidat anggota DPR RI lainnya dari Dapil DIY dengan perolehan tertinggi.

Selain Hanafi, anak kedua Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais juga diprediksi lolos menjadi anggota legislatif. Bedanya Hanum lolos menjadi anggota DPRD DIY. Ia lolos setelah mengungguli caleg lainnya di dapil-nya.

"Yang pasti lolos itu Hanum Rais (untuk DPRD DIY) Dapil Sleman Utara, itu sudah pasti lolos itu. Suaranya sekitar 18 ribu berapa gitu," ungkap Nazaruddin.

Sementara anak Amien Rais lainnya yang juga nyaleg untuk DPRD DIY, yakni Ahmad Baihaqy Rais juga dikabarkan lolos. Baihaqy disebut-sebut berhasil memperoleh suara terbanyak di Dapil Kulon Progo.


Namun Nazaruddin terkesan enggan berkomentar terkait kepastian lolosnya Baihaqy sebagai anggota DPRD DIY. Ia beralasan belum memperoleh data pasti. Namun ia tak memungkiri bahwa Baihaqy adalah calon terkuat di dapilnya.

"Sementara ya. Sekali lagi saya katakan sementara data masuk yang saya tahu begitu (suara Baihaqy di Dapil Kulon Progo mengungguli calon lain), sementara," tutupnya.

Sedangkan sejauh ini belum ada informasi pasti mengenai penghitungan perolehan suara yang dikumpulkan Mumtaz Rais, anak Amien lainnya yang menjadi caleg DPR RI dari Dapil Jateng VI. Dapil ini meliputi Kabupaten dan Kota Magelang, Temanggung dan Purworejo.


Saksikan juga video 'Kalau Prabowo Menang, 7 Kursi Menteri untuk PAN, 6 Kursi untuk PKS':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed