DetikNews
Kamis 18 April 2019, 11:30 WIB

Pemilih Bakar Surat Suara, KPU DIY: Kesehatan Jiwanya Perlu Diperiksa

Usman Hadi - detikNews
Pemilih Bakar Surat Suara, KPU DIY: Kesehatan Jiwanya Perlu Diperiksa Surat suara yang dibakar dan dirusak pemilih di Gunungkidul. Foto: Dok Bawaslu DIY
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Yogyakarta - Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, angkat bicara mengenai insiden pembakaran surat suara di bilik TPS 9 Jaranmati II, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Insiden itu terjadi saat pencoblosan berlangsung.

"Memang saya mendapat info (surat suara dibakar di TPS). Cuma kan itu nanti biar ditangani oleh teman-teman pengawas ya. Karena itu bagian dari pelanggaran," ujar Hamdan di Kantor KPU DIY, Kamis (18/4/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima KPU DIY, pelaku adalah seorang pria calon pemilih yang sedianya mencoblos di TPS 9 Jaranmati II. Namun tanpa disangka-sangka pelaku justru membakar surat suara Pemilu 2019.

Hamdan tak mengetahui motif pelaku membakar surat suara. Ia juga tak mengetahui apakah yang bersangkutan penderita gangguan kejiwaan atau tidak.


"Itu juga perlu investigasi (kesehatan pelaku). Pemilihnya seperti apa yang kita belum tahu, belum bisa pastikan dia sehat atau tidak," ungkapnya.

"Ya sudah kita nunggu aja nanti seperti apa telaah dan pemeriksaan teman-teman Bawaslu," sambungnya.

Sebelumnya, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY, Sri Rahayu Werdiningsih, membeberkan insiden pembakaran surat suara di bilik TPS 9 Jaranmati II, Karangmojo, Rabu (17/4).


Pelaku membakar surat suara untuk DPR RI dan menyobek surat suara untuk pilpres, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Hanya surat suara untuk DPD RI yang tak sempat dirusak karena berhasil dicegah petugas.

"Itu ada pemilih yang ketika di bilik suara itu membakar surat suara. Kami tidak tahu motifnya ya. Jadi ketika berada di bilik suara itu membakar satu surat suara DPR RI, kemudian tiga surat suara itu disobek," jelas Rahayu.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


(ush/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed