DetikNews
Rabu 17 April 2019, 15:42 WIB

Jokowi-Ma'ruf Amin Berjaya di TPS Sultan Yogya

Usman Hadi - detikNews
Jokowi-Maruf Amin Berjaya di TPS Sultan Yogya Perolehan suara pilpres di TPS Sultan HB X (Foto: Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Yogyakarta - Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin berhasil mengungguli paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi di TPS 15 Panembahan Yogyakarta. TPS ini adalah tempat Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, mencoblos.

Berdasarkan penghitungan surat suara pilpres 2019 yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 15 Panembahan Yogyakarta, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 172 suara sementara Prabowo-Sandi hanya memperoleh 55 suara.

Berdasarkan pantauan di lokasi, di TPS 15 Penambahan tercatat ada 285 DPT plus 7 DPTb dengan 231 di antaranya menyalurkan suaranya. Dari 231 pemilih itu paslon 01 memperoleh 172 suara, paslon 02 ada 55 suara dan empat surat suara dinyatakan tidak sah.


Sebelumnya, Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta semua pihak menerima dengan ikhlas hasil pemilu 2019. Termasuk kedua paslon yang sedang berebut suara di pilpres 2019.

"Jadi saya kira kalah menang itu sesuatu yang wajar karena pilihan publik itu yang menumbuhkan suara dipilih atau tidak. Saya kira ikhlas saja," ujar Sultan kepada wartawan usai mencoblos di TPS 15 Penambahan, Rabu (17/4/2019).


Sultan mengingatkan penentu suara terbanyak di pemilu adalah rakyat. Oleh karenanya, Sultan meminta siapapun calon yang berebut kursi di lembaga legislatif dan eksekutif menerima keputusan dari rakyat tersebut.

"Ya saya kira yang punya hak kan publik, masyarakat, disamping dirinya sendiri juga punya hak untuk menentukan pilihan," pungkas Sultan HB X.


Saksikan juga video 'Di Sini Tim Relawan Prabowo-Sandi Pantau Hasil Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed