DetikNews
Rabu 17 April 2019, 15:07 WIB

Meriahnya TPS di Bantul Ini, Petugasnya Menjelma Superhero

Pradito Rida Pertana - detikNews
Meriahnya TPS di Bantul Ini, Petugasnya Menjelma Superhero TPS 65 Kecamatan Kasihan, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Bantul - Guna menarik minat warga datang dan menggunakan hak suaranya di TPS, warga RT 1 dan RT 2 Dusun Kasihan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul menghias TPS 65 dengan konsep superhero. Selain itu, petugas KPPS juga turut mengenakan kostum superhero dalam melayani pemilih di TPS tersebut.

Pantauan detikcom pukul 11.00 WIB di TPS 65, tampak sebuah hiasan dari styrofoam bergambar gedung dan superhero Superman, Captain America dan Spiderman berada di gerbang masuk tersebut. Selain itu, tampak pula beberapa balon beraneka warna berada di atas hiasan tersebut.

Tak hanya itu, tampak pula sebuah photo booth dengan background pahlawan superhero lengkap seseorang orang berkostum Spiderman berada di samping gerbang masuk TPS 65. Hal itu membuat beberapa pemilih mengantre untuk berfoto di photo booth tersebut.

TPS 65 Kecamatan Kasihan, Bantul.TPS 65 Kecamatan Kasihan, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Selain itu, sebuah meja berisi aneka makanan tradisional yang berada di samping pintu masuk TPS tampak dipenuhi warga warga. Hal itu dikarenakan makanan yang disediakan gratis untuk warga.

Melongok ke dalam TPS 65, beberapa petugas KPPS tampak tengah melayani para pemilih dengan mengenakan kostum tokoh superhero seperti Power Rangers, Spiderman dan tokoh pewayangan Gatotkaca.

TPS 65 Kecamatan Kasihan, Bantul.TPS 65 Kecamatan Kasihan, Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 65, Bekti Raharjo menjelaskan, bahwa ia bersama petugas KPPS lainnya baru pertama kali menghias TPS 65. Menurutnya, hal itu sengaja dilakukan agar menarik para DPT untuk mempergunakan hak suaranya.

"Jadi ini ide dari petugas KPPS biar bisa menarik para pemilih untuk hadir ke TPS dan menekan angka golput. Nah, untuk konsepnya kami ingin cari yang berbeda dan akhirnya memilih konsep superhero ini," ujarnya saat ditemui di TPS 65, Dusun Kasihan, Desa Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul, Rabu (17/4/2019).

"Selain petugas KPPS yang berkostum superhero, warga yang datang ke TPS ini kami sediakan makanan gratis, balon gratis untuk anak-anak dan bisa juga foto-foto di photobooth yang kami sediakan," imbuhnya.

Pria berumur 40 tahun ini melanjutkan, alasan pemilihan konsep superhero dikarenakan ia memiliki beragam kostum superhero. Mengingat sehari-hari Bekti berprofesi sebagai Event Organizer khusus hiburan anak.

"Kenapa temanya superhero? Karena saya berkecimpung di dunia hiburan anak dan kebetulan masih punya beberapa stok kostum superhero untuk digunakan. Setelah menentukan konsep, kami langsung ajukan proposal ke warga dan ternyata warga antusias lalu memberi bantuan dana," ujar Bekti.

Warga Dusun Kasihan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul menyebut, idenya tersebut sempat mendapat penolakan dari segilintir warga. Namun karena sebagian warga setuju membuatnya terus melanjutkan konsep superhero yang nantinya diterapkan ke TPS 65.

"Untuk persiapannya ini hanya seminggu, itu sudah sama pengajuan proposal sampai TPS ini selesai dihias. Kalau masalah biaya habis sekitar Rp 4 juta dan itu dari hasil patungan warga dan petugas KPPS," katanya.

Sementara itu, salah satu pemilih, Indah Ayu Wahyu Nurati (17) mengatakan, bahwa ia merasa konsep TPS 65 berbeda dari yang lainnya. Menurutnya, hal itu membuat kesan tersendiri baginya, mengingat ia baru pertama kali berpartisipasi dalam pemilu.

"Sangat menarik, Mas. Dan dengan konsep TPS unik ini memang membuat banyak warga datang ke TPS. Semoga ke depannya banyak TPS seperti ini biar tidak pada golput," katanya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed