DetikNews
Rabu 17 April 2019, 15:05 WIB

TPS Unik di Purworejo Ini Bernuansa Musik Rock

Rinto Heksantoro - detikNews
TPS Unik di Purworejo Ini Bernuansa Musik Rock Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Purworejo - Berbagai cara dilakukan untuk menarik pemilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satu TPS unik di Purworejo, Jawa Tengah ini misaanya, TPS disulap seperti sebuah studio musik.

Meski berada di pelosok desa yang jauh dari perkotaan, namun TPS 04 di Dusun Semagung Wetan, Desa Semagung, Kecamatan Bagelen disulap seperti studio musik dengan berbagai peralatan musik dan pernak-perniknya. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menarik warga agar beramai-ramai datang ke TPS untuk mencoblos.

"Ya, untuk meningkatkan pemilih agar datang untuk mencoblos karena tahun lalu sedikit yang datang," kata ketua KPPS, Nanda Pradana ketika ditemui detikcom di TPS, Rabu (17/4/2019).

Tema musik tersebut diambil karena musik dianggap berhubungan dengan pesta yang meriah seperti halnya dengan pesta demokrasi. Berbagai gambar personel grub band rock luar negeri pun terpampang mengelilingi dinding TPS menambah suasana semakin ramai.
TPS musik di PurworejoTPS musik di Purworejo Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Karena ini adalah pesta demokrasi ada perayaan biasanya ada hubungannya dengan musik dan meriah, hal yang perlu dirayakan. Yang kami pasang gambarnya ada dari Dream Theater, Metalica dan lain-lain. Kosnepnya mengambil tentang rock memang," lanjutnya.

Seperangkat drum dengan stand mic nampak menghiasi ruang tengah TPS. Alat musik lain seperti gitar dan keyboard juga tak ketinggalan terpampang. Petugas KPPS sendiri berkostum serba hitam seperti kebanyakan pemain musik rock, dengan tulisan TPS MUSIK 04 di bagian punggung.

Tak hanya itu, di luar ruangan juga telah disediakan spot untuk berfoto selfie bagi warga yang telah mencoblos. Terbukti, konsep ini bisa menarik warga untuk datang ke TPS.

Sementara itu, Rustiti (49) salah satu warga yang ikut mencoblos di TPS tersebut mengapresiasi ide konsep yang diterapkan dalam TPS 04. Ia pun berharap agar pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Konsepnya bagus, baru kali ini ada, unik beda dari lain, jadi banyak yang nyoblos. Kalau jadi warga negara yang baik ya harus nyoblos. Semoga pemilu ini tetap aman," ucapnya.


Saksikan juga video 'Unik, Petugas TPS di Bantul Kenakan Kostum Superhero':

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed