Mahfud Md: Pemenangnya Tunggu Sore Nanti, Akurasi Hitung Cepat 99%

Ristu Hanafi - detikNews
Rabu, 17 Apr 2019 11:48 WIB
Mahfud Md di TPS (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Mahfud Md menyebut bahwa siapa paslon pemenang Pilpres 2019 sudah bisa diketahui sore nanti. Hasil itu bisa diketahui lewat proses hitung cepat yang dilakukan oleh elemen masyarakat.

"Mudah-mudahan nanti sore jam 17.00 WIB, kita sudah tahu hasilnya, meskipun tentu hasil resmi (KPU) secara manual diumumkan satu bulan kemudian," kata Mahfud kepada wartawan seusai dia mencoblos di TPS 105 Sambilegi Lor, Sleman, Rabu (16/4/2019).


"Jadi masyarakat jangan terkecoh, yang nanti sore hasil perhitungan masyarakat yang belum resmi. Tetapi akurasinya di atas 99 persen, naik turunnya masih di dalam margin itu kira-kira sebulan," sambungnya.

Mahfud kemudian menilai ada beberapa hal yang berbeda antara penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan Pemilu sebelum-sebelumnya.


"Yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya, agak repot penghitungan bisa sampai pagi, karena surat suara banyak. Memang agak repot, terus banyak calon yang belum dikenal, (pemilih) harus berpikir dan mencari satu per satu, membayangkan rekam jejak (calon), cukup lama," ujarnya.

"Setiap orang membutuhkan sekitar 5 menit di bilik, tetapi ada empat bilik sehingga (harapannya) bisa selesai pada waktu yang ditentukan," imbuh Mahfud.



Tonton video Jokowi atau Prabowo, Rhoma Irama Harapkan Perubahan:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)