detikNews
Selasa 16 April 2019, 12:10 WIB

BMKG: Tegal dan Brebes Berpotensi Hujan Angin Saat Hari Coblosan

Imam Suripto - detikNews
BMKG: Tegal dan Brebes Berpotensi Hujan Angin Saat Hari Coblosan Kantor BMKG Tegal (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal - Prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sejak tanggal 15-17 April 2019 (saat hari pencoblosan) berpotensi terjadi hujan disertai guntur. Kondisi ini terjadi pada sore hingga malam hari.

Potensi hujan di tiga wilayah tersebut diperkirakan setelah pukul 13.00 siang hari. Untuk awan mendung dan potensi hujan kemungkinan mulai sore sampai malam hari.

Mulai pukul 07.00-13.00 untuk tiga wilayah Tegal, Slawi dan Brebes diprakirakan cerah berawan. Pada sore hari untuk Kota Tegal terjadi hujan ringan, di Kabupaten Tegal terjadi hujan lebat di Kecamatan Bumijawa, Jatinegara dan Margasari. Sedangkan di Kabupaten Brebes prakirakaan hujan lebat pada sore hari di Kecamatan Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan, Sirampog dan Tonjong.


Sedangkan untuk tinggi gelombang di perairan Jawa Tengah 0.1- 0.5 meter. Tinggi gelombang maksimum bisa mencapai dua kali lipatnya.

"Pergerakan dimulai dari utara Kota Tegal bergerak menuju selatan. Semakin sore hujan disertai guntur dan angin intensitasnya ke arah selatan semakin kencang," kata forcaster Stasiun Meteorologi BMKG Tegal, Ida Sartika Nuraini SST, di kantornya Jalan Kolonel Sugiono, Tegal, Selasa (16/4/2019).

Menurut Ida saat hari pencoblosan waktunya dari pagi sampai siang jadi masyarakat masih aman. Tapi menjelang sore sampai malam apabila hujan petir dan angin kencang tiba perlu untuk keluar rumah dulu. Ida mengimbau masyarakat agar berhati-hati menghadapi cuaca buruk.


Masyarakat yang hendak keluar rumah menggunakan sepeda motor untuk selalu waspada, apalagi melewati jalan lapang yang bisa membahayakan akibat hujan disertai guntur dan angin.

"Prakiraan cuaca dari BMPG setiap hari selalu kami update dan bisa dilihat di website kami bmkgtegal.com disitu ada prakiraan cuaca per kecamatan untuk Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes," pungkas Ida.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com