DetikNews
Selasa 16 April 2019, 10:35 WIB

KPU Purworejo Musnahkan Belasan Ribu Surat Suara Sisa dan Rusak

Rinto Heksantoro - detikNews
KPU Purworejo Musnahkan Belasan Ribu Surat Suara Sisa dan Rusak Pemusnahan surat suara sisa dan rusak di KPU Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Sebanyak 11.951 surat suara sisa dan rusak dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pemusnahan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Surat suara tersebut dimusnahkan oleh komisioner KPU dengan cara dibakar di halaman belakang KPU Purworejo, Jl Kolonel Sugiono No 62, Selasa (16/4/2019) dengan disaksikan pihak aparat kepolisian dan bawaslu Kabupaten Purworejo.

"Jadi untuk jumlah surat suara yang dibakar ada 11.951 yang terdiri dari 9.851 surat suara rusak dan 2.100 sisa atau kelebihan surat suara. Pemusnahan tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada serta menghindari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Ketua KPU Purworejo, Dulrohim ketika ditemui detikcom di sela-sela pemusnahan surat suara, Selasa (16/4/2019).

Sebelum dinyatakan rusak, surat suara telah disortir oleh petugas. Adapun surat suara yang dinyatakan rusak antara lain jika terdapat beberapa kriteria seperti gambar tidak jelas, tinta terlalu tebal sehingga merubah bentuk, kertas terpotong, terdapat bercak tinta, sobek, terdapat lubang dan lain-lain.


Untuk surat suara di Purworejo sendiri, Dulrohim menambahkan, dibutuhkan sekitar 3.141.895. Jumlah tersebut telah didistribusikan ke 3.032 TPS yang ada.

"Jumlah surat suara tersebut perinciannya adalah jumlah DPT yakni 628.379 x 5 jenis surat suara, DPRD Kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Capres-cawapres," lanjut Dulrohim.


KPU sendiri menargetkan jumlah partisipan di Kabupaten Purworejo mencapai 77,5 persen. Diharapkan, pelaksanaan pemilu esok bisa berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

"Kami menargetkan 77,5 persen pemilih menggunakan hak pilihnya. Semoga pelaksanaan pemilu besok berjalan aman, lancar dan damai, itu yang kami harapkan," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed