DetikNews
Senin 15 April 2019, 10:53 WIB

3 Kecamatan di Brebes Ini Rawan Benturan Massa Pendukung Capres

Imam Suripto - detikNews
3 Kecamatan di Brebes Ini Rawan Benturan Massa Pendukung Capres Apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu di Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Polres Brebes, Jawa Tengah, memetakan ada 3 kecamatan yang masuk kategori rawan dalam pemilu 2019. Daerah tersebut mendapat perhatian khusus agar pelaksanaan Pemilu berjalan lancar.

Tiga kecamatan yang masuk daerah rawan adalah Kecamatan Bantarkawung, Tanjung dan Losari. Dari informasi intelejen, potensi gesekan antarpendukung paslon maupun pendukung partai di daerah tersebut dinilai cukup besar.

"Dari data dari intelejen baik dari masing-masing Polsek, Polres maupun Polda, jauh-jauh hari Polres Brebes sudah memetakan daerah-daerah rawan kriminalitas dan gesekan antarpendukung. Ada tiga kecamatan masing masing Bantarkawung, Tanjung dan Losari," ungkap Kabag Ops Polres Brebes, Kompol Harry Sutadi, Senin (15/4/2019).

[Gambas:Video 20detik]



Namun Harry enggan menyebutkan jumlah maupun lokasi TPS rawan di tiga kecamatan tersebut. Dia hanya menjelaskan sejumlah TPS perlu pengamanan khusus tersebut.

"Lebih rincinya itu data internal dan rahasia. Yang jelas kita sudah siap baik di TPS maupun pasukan on call baik pasukan BKO Polda maupun instansi samping seperti Yonif 407 dan Kodim," terang Harry Sutadi menambahkan.

Sejumlah TPS rawan ini, kata Harry, akan mendapat penebalan pasukan pengamanan di lokasi pemungutan suara. Penebalan pasukan pengamanan ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bisa mengganggu pemungutan suara.

"Tentu saja pengamanan terbuka tetap ada. Untuk daerah rawan ada penebalan-penebalan dan terus melakukan deteksi dini," imbuhnya.


Dijelaskan pula, pola pengamanan dilakukan dengan formasi 2-14-28. Dengan pola itu 2 anggota Polri mengamankan 14 TPS dibantu oleh 28 anggota Linmas.

Pada pengamanan pemilu kali ini, tambah Kabag Ops, melibatkan 614 anggota Polres Brebes, 294 anggota Polda Jateng, 150 Yon 405 dan 13.370 linmas.


Saksikan juga video 'Wiranto Blak-blakan tentang Penanganan Daerah Rawan Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed