DetikNews
Minggu 14 April 2019, 17:11 WIB

Masa Tenang, Masih Ada APK yang Belum Dicopoti di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Masa Tenang, Masih Ada APK yang Belum Dicopoti di Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Memasuki masa tenang jelang pemilu, sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) masih terpasang di sejumlah titik di Kabupaten Bantul. Bawaslu Bantul sendiri baru akan melakukan penertiban besok, Senin (15/4/2019).

Pantauan detikcom pukul 16.00 WIB, beberapa APK jenis baliho baik dari ukuran sedang hingga besar tampak masih terpasang di simpang empat Masjid Agung Manunggal, Bantul. Selain itu terdapat pula APK jenis rontek berukuran kecil di simpang empat tersebut.

Tak hanya di simpang empat Masjid Agung Manunggal, Bantul, pemandangan serupa juga ditemukan di Jalan Bantul KM 9, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon Bantul. APK jenis rontek masih belum dicopoti yang ada di pinggir jalan tersebut.

Selain itu, beberapa bendera parpol juga tampak masih menghiasi bahu jalan utama Bantul-Jogja. Bahkan, hal serupa juga ditemukan di sekitaran simpang empat Jalan Bantul, tepatnya ringroad selatan.

Komisioner Bidang Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Bantul, Supardi mengakui beberapa APK memang masih terpasang di sejumlah titik. Menurutnya, pencopotan APK sendiri sebetulnya merupakan tanggungjawab dari parpol.

"Sesuai dengan peraturan KPU, pemasangan dan pencopotan APK itu sebenarnya tanggungjawab peserta pemilu," ujarnya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (14/4/2019) sore.

Menurut Supardi, Bawaslu sendiri telah memberikan waktu kepada parpol untuk mencopoti APK hingga satu hari sebelum dilaksanakannya pemilu. Namun, jika sampai H-1 dari parpol yang bersangkutan belum melakukan pencopotan APk, maka Bawaslu bersama Satpol PP akan mencopot semua APK di Bantul.

"Kalau untuk pembersihan (APK) di tingkat Kabupaten kami sudah koordinasi dengan Satpol PP, dan dijadwalkan besok pagi (Senin 15/4/2019). Tapi di beberapa wilayah tadi teman-teman (Panwascam) sudah inisiatif melakukan pembersihan APK yang (berukuran) kecil-kecil," kata Supardi.

Terkait sanksi kepada parpol yang mangkir dalam pencopotan APK, Supardi mengatakan belum ada sanksi yang mengatur hal tersebut. Terlebih di Peraturan KPU (PKPU) tidak mengatur terkait sanksi kepada parpol yang tidak mencopot APK.

"Tidak ada sanksi (pidana pemilu), karena aturan (PKPU terkait APK) tidak menjangkau sampai sanksi pidana (pemilu). Jadi ya sanksinya hanya dibersihkan itu (APK oleh Bawaslu dan Satpol PP), karena H-1 semua APK harus sudah bersih," pungkasnya.

Secara terpisah Forum LSM DIY juga turut memantau adanya APK yang masih terpasang di beberapa ruas jalan di Bantul seperti jalan Bantul, jalan Urip Sumoharjo Bantul, Wahidin Sudirohusodo dan sekitar Ringroad selatan.

[Gambas:Video 20detik]


"Hampir semua parpol, capre-cawapres, caleg dan DPD, APK-nya masih ada yang terpasang dan belum dicopoti," kata Ketua Dewan Pengurus Forum LSM DIY, Beny Susanto dalam rilisnya.

Pihaknya juga telah menyurati Bawaslu Bantul agar segera melakukan pencopotan sesuai undang-undang. Menurutnya pada masa hari tenang 14-16 April ini, semua tempat harus bersih dari APK.

"Kami mendesak agar seluruh peserta Pemilu 2019 segera mencopot, membersihkan APK yang masih bertebaran dan terpasang sebagai bentuk ketaatan pada UU dan komitmen bersama Pemilu 2019 yang damai, jujur dan adil," pungkasnya.



Tonton video 5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed