detikNews
Kamis 11 April 2019, 19:46 WIB

Ketua DPR RI Minta Semua Pihak Bikin Adem Suasana Jelang Pemilu

Arbi Anugrah - detikNews
Ketua DPR RI Minta Semua Pihak Bikin Adem Suasana Jelang Pemilu Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Purbalingga - Menjelang Pemilu Serentak 2019 yang akan digelar pada tanggal 17 April nanti. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semua pihak agar dapat mendinginkan suasana.

"Harapan saya semua pihak, semua elemen dan tokoh tokoh politik, maupun tokoh tokoh nasional segera mendinginkan suasana, yang nomor satu adalah tetap menjaga agar situasi nasional kita tetap kondusif. Karena siapapun yang menang adalah putra terbaik kita," kata Bambang Soesatyo usai peresmian Universitas Perwira Purbalingga, Kamis (11/4/2019).

Menurut dia, jika sebelumnya ada tokoh yang sempat membuat suasana menjelang pemilu menjadi panas, diharapkan menjelang waktu pemilihan yang akan digelar beberapa hari lagi dapat ikut menjaga ketenangan.

"Sehingga kalau kemarin ada tokoh yang sempat membuat suasana panas, ya saya harapkan kedepan tinggal beberapa hari ini ikut menjaga ketenangan. Tumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih kuat ketimbang rasa permusuhan, karena yang harus kita jaga adalah rasa persaudaraan dan persatuan kita sebagai sesama anak bangsa," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada penyelanggara negara agar dapat bersikap adil dan tetap berjalan pada aturan dan undang-undang. Sebab keributan bisa saja berawal dari rasa ketidakadilan karena adanya kecurangan.

"Saya berharap dan mengimbau kepada penyelenggara negara tetap on the track berpegang kepada aturan dan undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Selain itu, debat capres-cawapres putaran terakhir yang akan digelar pada Sabtu (13/4) lusa, dia mengharapkan para pasangan calon dapat memberikan gambaran kepada masyarakat terkait arah bangsa Indonesia akan dibawa kemana.

"Untuk dabat besok saya harap para calon bisa lebih memberikan gambaran mau dibawa kemana bangsa ini dimata mereka," ucapnya.

(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com