detikNews
Kamis 11 April 2019, 17:42 WIB

Menristekdikti Resmikan Universitas Perwira Purbalingga

Arbi Anugrah - detikNews
Menristekdikti Resmikan Universitas Perwira Purbalingga Menristekdikti meresmikan Universitas Perwira Purbalingga (Unperba). Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purbalingga - Menristekdikti Prof Dr Mohamad Nasir bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meresmikan kampus Universitas Perwira Purbalingga (Unperba).

"Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga dengan dibangunnya kampus Universitas Perwira Purbalingga, dimana ketua yayasannya Bambang Soesatyo yang juga beliau merupakan ketua DPR RI ini," kata Mohamad Nasir kepada wartawan di Purbalingga, Kamis (11/4/2019).

Dia mengaku kenapa dirinya sangat mengapresiasi dibangunnya Universitas tersebut. Pasalnya pemerataan di bidang pendidikan tinggi harus menyebar ke seluruh Indonesia agar indeks pembangunan manusianya dapat meningkat.

"Kenapa itu kita lakukan supaya pemerataan pendidikan tinggi bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Ternyata di sini adalah indeks pembangunan manusianya (IPM) adalah nomor 27 dari 35 Kabupaten kota se-Jawa Tengah. Ini hal yang perlu kita dorong bagaimana masalah pendidikan tinggi itu yang perlu kita dorong," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, yang perlu didorong adalah bidang studi dari potensi lokal yang ada di Purbalingga. Sehingga menjadikan nilai tambah dalam pembangunan manusia.

"Bidang studi potensi lokal lah yang perlu kita dorong agar bisa menjadikan nilai tambah. Artinya dari lokal ke dunia ini menjadi sangat penting. Maka jika ini bisa kita lakukan perguruan tinggi ini akan berkontribusi pada pembangunan manusia," ucapnya.

Dia mengatakan jika kontribusi pembangunan manusia sudah siap, maka tenaga kerja yang ada akan menjadi tenaga kerja yang profesional. Selain itu bukan hanya menunggu lapangan pekerjaan, tapi berupaya menciptakan lapangan pekerjaan.

"Jangan lagi nanti berpikir setelah lulus dari pekerjaan, tapi bagaimana nanti lulus sudah punya pekerjaan yang bisa mengembangkan bisnisnya," jelasnya.

Peresmian kampus Universitas Perwira Purbalingga ini diikuti pula dengan pelantikan Rektor Universitas Perwira Purbalingga Dr Ir Teguh Suharyanto, MP, dan dua Wakil Rektornya.

Untuk tahun akademik 2019-2020 ini, Universitas Perwira Purbalingga akan menerima sekitar 1.000 mahasiswa baru yang tersebar di lima program studi, yakni program studi Akuntansi, Manajemen, Agribisnis, Teknik Mesin, dan Informatika.

Kelima program studi tersebut diselenggarakan berdasarkan kebutuhan Pendidikan bagi masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.
(arb/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com