detikNews
Selasa 09 April 2019, 00:33 WIB

Penjelasan Grup Qasidah yang Ubah Lirik Dukung Prabowo-Sandi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Penjelasan Grup Qasidah yang Ubah Lirik Dukung Prabowo-Sandi Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Grup Qasidah NRHIT menanggapi komentar grup Nasida Ria yang menyayangkan lagunya diganti lirik untuk kampanye. NRHIT memang membawakan lagu yang pernah dibawakan Nasida Ria namun menurut mereka sudah melalui prosedur yang benar.

Pengelola Grup Nasida Ria, Choliq Zain mengatakan pihaknya menyayangkan ada pihak yang menyanyikan lagu yang dipopulerkan Nasida Ria untuk kampanye dan diubah liriknya. Choliq memang enggan menyebut siapa yang menyanyikan serta untuk kampanye capres siapa dan lagu apa yang dimaksud.

Meski demikian NRHIT tetap memberikan klarifikasi lewat manajernya yaitu Iwan. Kepada detikcom, Iwan mengataka NRHIT sudah membeli 5 lagu yang pernah dibawakan Nasida Ria dari pencipta lagunya.

"Kami sudah lewat prosedur. Yang berhak mengizinkan adalah pencipta lagu, bukan dari hak grup," kata Iwan kepada detikcom, Senin (8/4/2019).

Ia menjelaskan, ada 5 lagu yang dibeli yaitu dari KH AHmad Buchori Masruri dengan judul lagu Perdamaian, Merdeka Membangun, Ingat Masa Depan, dan Dimana-mana Dosa. Kemudian dari Suhaemi ada Kota Santri.

"Ada bukti kuitansinya (pembelian lagu)," tegasnya.

Iwan juga menjelaskan, lagu yang sudah dibeli dan diubah liriknya dipublikasikan dengan nama NRHIT. Sehingga, jika ada pihak lain yang justru mencatut nama Nasida Ria, Iwan menegaskan pihaknya tidak tahu menahu.

"Kita tidak pernah menyebut Nasida Ria, semua NRHIT. Kalau ada yang menyebut Nasida Ria, pasti itu bukan kami yang melakukan," jelas Iwan.

Dari kanal Youtube, memang banyak yang sudah mengunggah lagu NRHIT yang liriknya untuk dukungan Prabowo-Sandi. Sebagian besar tidak menulis siapa penyanyinya, tapi ada juga yang mencatut nama Nasida Ria.

Iwan kemudian menjelaskan NRHIT merupakan grup qasidah yang terbentuk sekitar 5 tahun lalu. Anggotanya ada 5 orang yang memang pernah bergabung di Nasida Ria. Nama NRHIT sendiri merupakan gabungan nama dari 5 personelnya.

"NRHIT itu Nunung, Nur, Rien, Hidayah, dan Toharoh," pungkasnya.

Kelima orang itu merupakan generasi awal Nasida Ria. Kemudian setelah lama tidak bertemu karena sudah keluar dari Nasida Ria, mereka reuni dan membuat grup.

"Sudah sekitar 5 tahun ya, sudah ada 6 album, lagu lama dan lagu baru," kata Iwan.

Sementara itu lagu yang dinyanyikan NRHIT untuk Prabowo ada 4 lagu salah satunya berjudul Prabowo Presiden dengan lagu dari Kota Santri yang sudah diubah liriknya.


Saksikan juga video 'Kupas Gaya Bahasa Jokowi Vs Prabowo Jelang Final Pilpres':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed