detikNews
Minggu 07 April 2019, 17:48 WIB

Biar Lestari, Benih Ikan langka Ditebar di Sungai Serayu

Uje Hartono - detikNews
Biar Lestari, Benih Ikan langka Ditebar di Sungai Serayu Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Ratusan ribu benih ikan langka ditebar di aliran Sungai Serayu di Banjarnegara. Diharapkan, jenis ikan yang sudah nyaris punah ini bisa lestari dan berkembangbiak dengan baik.

Direktur Jendral (Dirjen) Perikanan dan Budidaya pada Kementerian Kelautan dan Perikanan ,Slamet Subiakto mengatakan, jenis ikan yang ditebar di Sungai Serayu adalah ikan yang saat ini sudah jarang ditemui. Salah satunya adalah jenis Ikan Baung.

"Ada dua jenis benih ikan yang kami tebar di Sungai Serayu. Yakni ikan Baung dan Nilem. Saat ini, memang ikan-ikan tersebut sudah hampir punah," ujarnya di tepi Sungai Serayu, Banjarnegara Minggu (7/4/2019).

Ia berharap, dengan menebar benih ikan ini bisa mengembalikan populasi ikan yang saat ini sudah langka. Apalagi, Sungai Serayu merupakan endemik ikan Baung dan Nilem.

"Kedepan, ikan-ikan ini akan menjadi sumber bagi masyarakat. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian lingkungan," harapnya.

Menurutnya, penangkapan ikan berlebihan dan kurangnya kepedulian terhadap sungai menjadi penyebab ikan yang selama ini endemik punah. Misalnya, membuang sampah di sungai sehingga ikan tidak bisa berkembang baik dengan baik.

"Kami sarankan ada Perda yang mengatur tentang menjaga kelestarian sungai. Di dalamnya jangan membuang sampah ke sungai, serta tidak boleh menangkap ikan berlebihan misalnya dengan menggunakan obat," ujarnya.

Dalam menebar benih ikan, sedikitnya ada 690 ribu benih ikan langka. Sekda Banjarnegara Indarto merespon soal usulan Perda tersebut. Mengingat hingga saat ini belum ada Perda yang mengatur tentang pelestarian dan penangkapan ikan di sungai.

"Sebenarnya dulu sudah pernah kami bahas tetapi memang sampai sekarang belum ada Perda yang mengatur tentang pelestarian sungai. Ini menjadi usulan yang baik untuk menjaga kelestarian sungai," tuturnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed