DetikNews
Minggu 07 April 2019, 16:50 WIB

Rudiantara Sebut Ada Pihak Tak Ingin Yogya Istimewa

Ristu Hanafi - detikNews
Rudiantara Sebut Ada Pihak Tak Ingin Yogya Istimewa Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Kulon progo - Rudiantara menghadiri acara kampanye Pro Jokowi di lapangan Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (DIY). Ia hadir sebagai juru kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin. Saat berorasi, Rudiantara menyebut ada pihak yang tidak ingin Yogyakarta berstatus istimewa.

"Masyarakat Yogya mendapatkan keistimewaan, karena secara budaya, secara sejarah, memberi kontribusi akan adanya NKRI. Ada pihak-pihak yang tidak menginginkan keistimewaan Yogyakarta, artinya tidak menginginkan keistimewaan dari wilayah di mana saudara-saudara tinggal," kata Rudiantara di hadapan kader dan simpatisan Pro Jokowi yang memadati Alun-alun Wates, Minggu (7/4/2019).

"Kita akan sama-sama jaga Yogyakarta menjadi daerah istimewa, dan itu harus kita lakukan sama-sama oleh pemerintah pusat yang akan datang, dan pemerintah daerah beserta masyarakat di Yogya maupun masyarakat Indonesia pada umumnya," lanjutnya.

Saat ditemui wartawan seusai acara untuk konfirmasi siapa pihak yang disebut tidak menginginkan keistimewaan Yogyakarta, begini jawaban Rudiantara.

"Begini, biar bagaimanapun kan Indonesia beragam, ada yang mempertanyakan keistimewaan Yogya. Ya Yogya itu istimewa bisa dilihat dari kultur, dari budaya, maupun dari sejarah keberadaan negeri ini. Dulu itu Indonesia ibu kotanya sempat pindah ke Yogyakarta, keistimewaannya kan banyak, kita harus hormati keistimewaan itu, tetapi dalam koridor NKRI tentunya," ujarnya.

"Saya percaya kepada Pak Gubernur (DIY), kemarin mengeluarkan kebijakan mengenai masalah yang berkaitan bagaimana kita harus memperlakukan perbedaan, kita harus selalu menerima," sambung Rudiantara.


Pendukung Jokowi-Ma'ruf Penuhi Acara 'Konser Putih Adalah Kita', Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed