Nisan Kayu di Makam Bethesda Yogya Dirusak Orang Misterius

Ristu Hanafi - detikNews
Sabtu, 06 Apr 2019 20:36 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan di lokasi Makam Bethesda (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Sejumlah nisan kayu di makam Bethesda, Mrican, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, diduga dirusak oleh orang misterius. Nisan yang sebelumnya terpasang di atas makam ditemukan dalam kondisi tercabut dan ada sebagian yang terlihat hangus terbakar.

"Ada sekitar delapan nisan yang tercabut, ada beberapa yang hangus seperti terbakar," kata Hari Yuniarto (57), petugas bagian rumah tangga RS Bethesda Yogyakarta yang mengurus makam Bethesda Mrican, ditemui wartawan di lokasi makam, Sabtu (6/4/2019) petang.

Hari mengaku sekitar pukul 15.30 WIB dia menerima telepon dari seorang wanita yang mengaku sebagai ahli waris salah satu makam. Dia mengabarkan sejumlah nisan kayu di makam Betesda tercabut.

"Saya langsung cek ke sini, tapi tadi saya tiba di sini tidak ketemu sama wanita yang telepon saya. Tapi nisan-nisan itu sudah dalam kondisi tercabut," jelasnya.


Hari mengungkapkan, makam yang tepat berada di belakang Pos Polantas simpang tiga UNY itu tidak ada yang menjaganya. Hanya sepekan sekali ada petugas yang datang untuk piket mengecek kondisi makam.

"Ya ada pintu pagar di depan, tapi tidak digembok," ujarnya. Pintu makam berada persis di sisi utara pos polisi, atau tepat di samping traffic light. "Baru pertama kali ini kejadian seperti ini," Hari menambahkan.

Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah, yang menerima laporan langsung mengecek lokasi makam. Anggotanya juga langsung melakukan olah TKP. "Ini anggota masih proses identifikasi," jelasnya.


Rizky tidak menampik fakta di lapangan memang terjadi tindak perusakan nisan kayu.

"Fakta di lapangan ada pengrusakan, tapi ini masih didalami. Menunggu anggota melakukan penyelidikan," lanjutnya.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan dari Hari kepada polisi, ada seorang pria tak dikenal yang berada di makam sore tadi. Pria itu dalam posisi tiduran dan menunjukkan perilaku yang sulit diajak berkomunikasi. Di dekat pria yang tiduran itu juga ditemukan sebuah guling.

Sejumlah nisan yang tercabut tertumpuk di dekat pria tersebut dan terlihat ada bekas bakaran, seperti susunan api unggun. "Kita nanti akan cek CCTV yang ada di simpang tiga depan makam," imbuhnya.



Simak Juga 'Polisi Tangkap Pelaku Perusakan Nisan Makam di Magelang':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)