detikNews
Senin 01 April 2019, 17:16 WIB

Komputer Sering Log Out, UNBK Salah Satu MA di Purworejo Molor 5 Jam

Rinto Heksantoro - detikNews
Komputer Sering Log Out, UNBK Salah Satu MA di Purworejo Molor 5 Jam Peserta UNBK MA An-Nawawi Berjan Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) di Purworejo, Jawa Tengah sempat terganggu karena kesalahan teknis. Akibatnya, jadwal ujian mundur selama sekitar lima jam.

Uji Nasional (UN) untuk tingkat SMA, MA dan SMTK serempak dilaksanakan mulai 1 April 2019 hari ini. Namun pelaksanaan ujian tersebut sempat molor sekitar 5 jam dari jadwal yang ditentukan karena adanya gangguan teknis. Kesalahan tersebut terjadi di MA An-Nawawi Berjan Purworejo.

Dari tiga ruangan yang disediakan untuk pelaksanaan ujian, terdapat satu ruangan yang mengalami gangguan teknis. Akibatnya puluhan siswa pun terpaksa harus menunggu selama berjam-jam untuk menunggu perbaikan.

"Yang eror ruang 1, sedangkan ruang lainnya baik-baik saja. Belum tahu masalahnya apa, komputer log out sendiri secara otomatis," ungkap Kepala Sekolah MA An-Nawawi Berjan, Sahlan, ketika ditemui detikcom di kantornya, Senin (1/4/2019).

Karena problem tersebut, peserta ujian pada sesi 2 yang seharusnya mengikuti ujian pada pukul 10.30 WIB terpaksa harus menunggu hingga komputer selesai diperbaiki. Otomatis, untuk peserta sesi yang ke-3 juga ikut molor. Komputer dinyatakan siap sekitar pukul 15.40 WIB setelah diperbaiki oleh teknisi.

"Alhamdulillah akhirnya setelah diperbaiki sudah bisa digunakan komputernya. Siswa sesi 2 jumlahnya 31 rencananya akan diikutkan ujian susulan jika komputer masih eror, sedangkan peserta sesi 3 juga 31 siswa disarankan menunggu sampai jam 18.00 WIB nanti. Namun akhirnya bisa ikut hari ini semua meski waktunya molor," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu siswa peserta ujian Sani humaerotul hasanah (18) yang sudah menunggu selama berjam-jam akhirnya bisa bernapas lega karena bisa mengikuti ujian hari ini.

"Udah dari tadi nunggunya, lama, katanya suruh nunggu sampai jam 18.00 WIB kalau belum bisa. Tapi ini katanya sudah bisa tinggal nunggu sebentar," kata Sani.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com