detikNews
Senin 01 April 2019, 15:45 WIB

UNBK di Purworejo: 4 Siswa Ujian di Solo, 6 Peserta Tak Hadir

Rinto Heksantoro - detikNews
UNBK di Purworejo: 4 Siswa Ujian di Solo, 6 Peserta Tak Hadir Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA dan MA di Purworejo, Jateng secara umum berjalan lancar. Ada 6 peserta tak hadir, dua sekolah harus melaksanakan ujian di sekolah lain dan dua sekolah digabung. Selain itu ada 4 siswa harus melaksanakan ujian di Solo.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Purworejo, Padmo Sukoco, mengungkapkan ujian nasional hari ini secara teknis berjalan dengan lancar. Namun demikian, ada 6 siswa yang tercatat tidak hadir dalam ujian tersebut.

"Ada 6 siswa yang tidak ikut ujian hari ini, 1 karena sakit dan 5 karena mengundurkan diri," kata Padmo Sukoco ketika ditemui detikcom di SMA N 1 Purworejo, Senin (1/4/2019).

Dari 23 SMA, 7 MA dan 1 SMTK terdapat 2 SMA dan 2 MA yang melaksanakan UN di sekolah lain. Keempatnya adalah SMA Muhammadiyah Kaligesing harus menumpang di SMK TI karena tidak mempunyai tempat memadai. Demikian juga dengan SMA Sultan Agung yang harus menumpang di SMK Ahmad Yani.

"Sedangkan MA Assidiqiyah dan MA Nurul Wahid digabung di MA Maarif Pituruh. Bergabungnya beberapa sekolah dengan sekolah lain dalam pelaksanaan UN tersebut memiliki alasan tertentu," lanjutnya.

Padmo menambahkan, untuk 4 siswa dari Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) terpaksa harus mengikuti ujian di Solo karena pihak SMTK Purworejo tidak menyelenggarakan UN di sekolahnya.

UNBK sendiri akan dilaksanakan selama 4 hari yakni mulai Senin hari ini dan secara tidak berututan akan berakhir pada Senin mendatang. Jumlah peserta UNBK tercatat ada 3.982 peserta.

"Jumlah tersebut belum dikurangi yang sakit dan mengundurkan diri termasuk yang ujian di Solo. Untuk jadwalnya dimulai hari ini Senin 1 April 2019, Selasa 2 April 2019, Kamis 4 April 2019 dan Senin 8 April 2019," jelasnya.

Pelaksanaan ujian dibagi 3 shift dalam sehari. Putaran pertama dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.30 WIB, shift kedua pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB dan terakhir dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB.

"Dalam satu hari satu mata pelajaran (mapel) jadi selama 4 hari totalnya ada 4 mapel dan pelaksanaannya dibagi 3 waktu dalam sehari sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dimulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB," tutupnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com