Mulai Besok Ada Rekayasa Perjalanan KA Jalur Selatan, Ini Alasannya

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 31 Mar 2019 14:26 WIB
Pembangunan jalur ganda KA di jalur selatan. (Foto: Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto)
Banyumas - Pembangunan jalur ganda oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto terus dikebut. Dampaknya, perjalanan kereta api di jalur selatan terganggu dan harus dilakukan rekayasa operasional perjalanan.

Setelah dioperasionalkannya jalur ganda antara Purwokerto-Kroya, selanjutnya terus dikebut pembangunan di lintas Kutoarjo-Kroya. Proses pembangunan jalur ganda tersebut berdampak terhadap perjalanan KA termasuk kondisi di beberapa stasiun yang digunakan untuk naik turun penumpang.

Untuk kelancaran perjalanan KA terutama persiapan menjelang masa angkutan lebaran 2019, PT KAI Daop 5 Purwakerto melakukan rekayasa operasi perjalanan KA. Rekayasa operasional tersebut dimulai pada 1 April 2019 besok.

"KA 204 (Kutojaya Selatan) tidak berhenti di Stasiun Sumpiuh dan pada tahapan kali ini, pembangunan antara stasiun Kutoarjo-Kroya dilakukan penutupan beberapa jalur di beberapa stasiun. Jalur KA di stasiun ada yang ditutup, dibongkar dan dibangun baru, sehingga tersisa masing-masing di stasiun tinggal 2 jalur KA," ungkap manager Humas PT KAI Daop 5 Purwakerto, Supriyanto, dalam siaran pers, Minggu (31/3/2019).


Salah satu perjalan KA yang dilakukan rekayasa operasional adalah KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo. Perjalanan KA yang semula berhenti di stasiun Sumpiuh untuk naik dan turun penumpang, terhitung mulai besok untuk sementara waktu tidak berhenti di stasiun Sumpiuh sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.
Mulai Besok Ada Rekayasa Perjalanan KA Jalur Selatan, Ini AlasannyaPembangunan jalur ganda KA di jalur selatan. (Foto: Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto)

Jadwal kedatangan KA Kutojaya Selatan di stasiun Sumpiuh pada pukul 03.05 wib dan berangkat pukul 03.22 wib. Bagi masyarakat pelanggan kereta api relasi Kiaracondong- Sumpiuh yang semula naik dan turun di Stasiun Sumpiuh dialihkan ke stasiun Kroya atau Stasiun Tambak tanpa ada penambahan biaya.

"KA Kutojaya Selatan sesuai daftar perjalanan harusnya berhenti di stasiun Sumpiuh untuk bersilang dan disusul KA lainnya. Namun karena jalur di stasiun Sumpiuh tinggal 2 jalur, maka kegiatan penyusulan dipindahkan di stasiun Tambak termasuk untuk naik dan turun penumpang. Sedangkan untuk 13 KA lainnya yang berhenti di stasiun Sumpiuh, masih normal," jelas Supriyanto.


Adapun KA yang masih berhenti di stasiun Sumpiuh antara lain KA 124 Sawunggalih, KA 91 Malabar, KA 7091 Wijayakusuma, KA188 Logawa, KA 7079 Joglosemarkerto, KA 203 Kutojaya Selatan dan KA 7029 Mataram. Untuk kereta lain yang juga berhenti di stasiun Sumpiuh adalah KA 7080 Joglosemarkerto, KA 192 Kutojaya Utara, KA 7092 Wijayakusuma, KA 179 Pasundan, KA 183 Bengawan, KA 191 Kutojaya utara serta KA 187 Logawa.

"Dengan adanya perubahan jadwal tersebut, PT KAI Daop 5 Purwokerto mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," imbuhnya.

Adapun bagi masyarakat masih bisa mendapatkan pelayanan pembelian tiket di Stasiun Sumpiuh dan pelayanan naik turun penumpang KA lainnya seperti biasa. Untuk pemesanan tiket tetap dilayani mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Tiket juga bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access pada smartphone. (mbr/mbr)