detikNews
Minggu 31 Maret 2019, 14:09 WIB

Saran Ratu Hemas untuk Warga Kulon Progo Seiring Operasional NYIA

Usman Hadi - detikNews
Saran Ratu Hemas untuk Warga Kulon Progo Seiring Operasional NYIA GKR Hemas (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo akan beroperasi pada April 2019. Ratu Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, berharap tak ada lagi warga Kulon Progo yang mengeluh kesulitan memperoleh pekerjaan.

"Jangan mengatakan 'bahwa saya orang Kulon Progo tidak mendapatkan pekerjaan'," ujar Hemas kepada wartawan usai berkampanye sebagai calon anggota DPD RI di Jogja National Museum (JNM) Kota Yogyakarta, Minggu (31/3/2019).

Hemas meminta masyarakat Kulon Progo terutama mereka yang tinggal di dekat NYIA tidak hanya menuntut diberikan pekerjaan. Namun, kata Hemas, masyarakat sekitar NYIA juga perlu meningkatkan kualitasnya.

"Jangan menuntut saja, bagaimana mereka ditempatkan (bekerja). Tetapi mereka juga harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dulu untuk siap pakai," sambung Hemas.


Dalam kesempatan itu Hemas juga meminta pemerintah pusat untuk menuntaskan pembangunan NYIA. Termasuk membangun fasilitas penunjang di sekitar bandara, supaya roda perekonomian masyarakat setempat turut bergerak.

"Ke depannya tentu masih ada dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan akibat dari adanya bandara. Akibat itu berarti nanti membangun masyarakatnya untuk terus menerus melakukan pembangunan ekonomi di sekitar bandara," katanya.


"Karena (NYIA) ini akan langsung mengarah kepada daerah yang ke Jawa Tengah. Jadi ini tentu kita harus sinergikan kepentingan daripada pembangunan yang ada di DIY dan Jateng, dan ini saya kira masih butuh pengawalan di tingkat pusat," tutupnya.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com