Ratusan Tiang Pagar Pengaman Tol di Boyolali Dicuri, Dampaknya Bisa Fatal

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 27 Mar 2019 18:29 WIB
Petugas memeriksa kondisi guardrai tol di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Ratusan tiang pagar pengaman jalan tol di ruas Boyolali, hilang dicuri. Akibatnya, pagar itu pun rusak dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga jika terjadi insiden kecelakaan kendaraan yang menabrak guardrail tersebut bisa fatal akibatnya.

Engineer Officer PT Waskita Karya, Iswahyudi, mengatakan jika terjadi kecelakaan lalulintas dan menabrak pagar pengaman jalan itu, kemungkinan akan bisa berakibat lebih fatal karena guardrail rusak. Sehingga tidak dapat berfungsi seperti yang diharapkan.

"Dampaknya sangat berbahaya, karena guardrail ini berfungsi sebagai penahan bila terjadi penahan. Kalau biasanya luka ringan, (dengan guardrail yang rusak) bisa luka berat, mungkin bisa menimbulkan korban jiwa," kata Iswahyudi ditemui di sela-sela mengecek guardrail di Km 479, Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali, Rabu (27/3/2019).

Pagar tidak bisa menahan dengan baik benturan tersebut. Bahkan, kemungkinan kendaraan juga bisa masuk ke selokan sehingga dampaknya bisa akan lebih fatal.


Hilangnya tiang pagar guardrail terjadi di jalan tol ruas Salatiga-Kartasura, di wilayah Boyolali. Namun tak hanya di jalan tol saja, bahkan yang di overpass Kiringan 3 dan Mudal, Boyolali Kota, beberapa tiang juga hilang.

Selain tiangnya, juga berikut baut-bautnya. Dari pendataan PT Waskita Karya, untuk tiang post (tiang panjang) yang hilang sebanyak 117 biji. Sedangkan block post atau besi penyambung tiang dengan pagar sebanyak 353 biji.

Kasus tersebut sudah dilaporkan PT Waskita Karya ke Polres Boyolali untuk penyelidikan lebih lanjut. (sip/sip)