DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 10:14 WIB

Kata Buya Syafii tentang Dukungan Keluarga KH Ahmad Dahlan ke Prabowo

Ristu Hanafi - detikNews
Kata Buya Syafii tentang Dukungan Keluarga KH Ahmad Dahlan ke Prabowo Buya Syafii Maarif di Yogyakarta. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii, angkat bicara mengenai sikap keluarga besar pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta yang mendukung capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Menurut Buya Syafii, keputusan dukungan kepada capres-cawapres dalam Pemilu merupakan hak setiap warga negara.

"Itu urusan warga negara, kan warga negara bebas (memilih). Itu kan siapa...yang mau maju (capres) banyak, mereka (warga negara) punya pilihan masing-masing," kata Buya Syafii, Senin (25/3/2019).

Hal itu disampaikan Buya saat ditemui wartawan di sela acara pembukaan pelatihan pengawas sekolah dalam mempromosikan toleransi dan multikulturalisme, di P4TK Matematika Kemendikbud, Jalan Kaliurang Km 6, Sleman, DI Yogyakarta.

Buya Syafii kembali menegaskan pilihan apapun dalam Pemilu merupakan hak setiap warga negara.


"Sebagai warga negara itu sah saja. Asal jangan memfitnah, jangan apa, terpatrol kultur hoaks," ujarnya.

Meski demikian, Buya Syafii menilai pilihan keluarga KH Ahmad Dahlan itu tidak mewakili organisasi Muhammadiyah. Karena Muhammadiyah sebagai organisasi telah menegaskan posisi netral dalam politik praktis.

"Nggak ada cerita (mewakili Muhammadiyah), ya tidak mewakili. Muhammadiyah secara organisasi itu netral. (Kalau) perorangan dia bagian dari warga negara, (seperti) di saya, saya punya pilihan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, keluarga besar pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta menyatakan dukungan ke paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandi. Ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan mereka dalam mendukung Prabowo.

"Jadi ini, jadi memang kami dari keluarga (almarhum KH Ahmad Dahlan) sudah sepakat, yang penting mendoakan benar-benar untuk Prabowo dan Sandiaga untuk menjadi presiden," ujar Cicit KH Ahmad Dahlan, Jam'an.


Hal itu disampaikan Jam'an kepada detikcom usai dialog Sandiaga dengan warga Muhammadiyah di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Jalan Sultan Agung No 14, Jumat (22/3/2019).

"Bahkan pada waktu lima tahun yang lalu saya sudah mendoakan... Kami sudah berdoa untuk Prabowo menjadi (pemimpin) orang nomor satu (di Indonesia)," sebutnya.

Jam'an mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangannya mendukung pencapresan Prabowo-Sandi. Alasannya, Prabowo-Sandi dianggap mempuni untuk memikul tanggung jawab sebagai Presiden dan Wapres RI.

"Inilah (alasan keluarga besar KH Ahmad Dahlan mendukung Prabowo-Sandi) karena kejujuran, ya to, kecerdasan, inilah yang kita utamakan. Kebangsawanan, kemudian juga yang penting semuanya baik lah," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed