DetikNews
Minggu 24 Maret 2019, 14:44 WIB

Garasi di Brebes Dilalap Api, 6 Bus Terbakar

Imam Suripto - detikNews
Garasi di Brebes Dilalap Api, 6 Bus Terbakar Bus di dalam garasi yang ludes terbakar, Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Kebakaran melanda garasi Bus Dedy Jaya di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah siang ini. Enam bus yang sedang diperbaiki ikut terbakar, dua di antaranya mengalami kerusakan parah.

Sejumlah saksi mata menyebut, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 11.00 siang di bagian bengkel garasi, Minggu (24/3/2019). Saat itu sejumlah bus Dedy Jaya sedang dalam perbaikan. Beberapa pekerja di bagian bengkel juga sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Tiba-tiba, dari dalam salah satu bus yang sedang diperbaiki, muncul api dan dengan cepat merembet keluar dan membakar bus lain yang juga sedang diperbaiki. Puluhan ban bekas juga tak luput dari api. Api dengan cepat membesar dan membakar atap bangunan. Dua bus mengalami kerusakan parah sedang empat lainnya rusak pada bagian belakang.

Sekitar 1,5 jam, tiga unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kebakaran. Mereka langsung menyemprotkan air ke titik api yang sedang menyala agar api tidak merembet ke bus-bus lain. Api baru bisa dipadamkan setelah petugas menyemprotkan air selama satu jam.

Kebakaran melanda garansi bus di Brebes. Kebakaran melanda garansi bus di Brebes. Foto: Dok Warga


Menager PO Dedy Jaya, Ratno Robani menjelaskan, kebakaran ini diduga berasal percikan api las dari salah satu bus. Menurut keterangan, kata Ratno Robani, ada salah seorang pekerja sedang melakukan pengelasan dan secara tidak disadari memercik ke bagian busa kursi penumpang. Dari percikan itu, api membakar bagian busa kursi hingga membesar.


"Kalau menurut keterangan pekerja sini, api dari percikan las salah satu pekerja. Dia tidak menyadari, api membakar busa kursi bus dan membesar seperti ini," kata Ratno Robani.

Akibat kejadian ini, PO Dedy Jaya dipekirkan mengalami kerugian sebesar Rp500 juta. Sementara, kasus ini langsung ditangani petugas Polres Brebes. Beberapa pekerja sudah dimintai keterangan untuk mengungkap penyebab pasti kejadian ini.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed