2 Bocah Terseret Ombak Pantai Congot Kulon Progo Ditemukan Meninggal

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 23 Mar 2019 17:59 WIB
Evakuasi korban bocah terseret ombak di Pantai Congot (Foto: dok. Basarnas Yogyakarta)
Kulon Progo - Upaya pencarian tim SAR gabungan terhadap 2 bocah yang hilang terseret ombak di Pantai Congot, Kulon Progo, DIY, sejak Jumat (22/3) kemarin, membuahkan hasil. Nizar (12) dan Okta (12) ditemukan dengan kondisi meninggal.

Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, menjelaskan Nizar dan Okta yang merupakan warga Perumahan relokasi di Desa Janten, Kecamatan Temon, Kulon Progo, ditemukan usai penyisiran yang dilakukan tim SAR gabungan di sekitaran lokasi kejadian. Kedua korban juga ditemukan dalam waktu yang berbeda.

"Jadi saat tim SAR gabungan melalukan penyisiran tadi pagi di sekitar lokasi kejadian melihat satu korban di pinggir Pantai Congot. Setelah itu dilakukan penyisiran lagi, dan siangnya korban kedua ditemukan," ujarnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/3/2019) sore.

"Yang pertama ditemukan Nizar dulu, baru si Okta, jadi tidak bersamaan waktu saat ditemukannya itu," imbuh Pipit.


Posisi ditemukannya Nizar berada 200 meter sebelah timur dari lokasi terseret ombak. Sedangkan untuk Okta, ditemukan di sebelah timur, tepatnya 400 meter dari lokasi kejadian dengan posisi mengapung di laut.

"Saat ditemukan, kedua korban sudah dalam kondisi meninggal. Untuk kondisi tubuh keduanya masih utuh, dan tidak ada luka-luka," kata Pipit.

Usai dievakuasi, tim SAR gabungan langsung menghubungi pihak keluarga kedua korban. Menurutnya, saat ini kedua korban telah dibawa ke rumah duka untuk selanjutnya dimakamkan. "Langsung dibawa pihak keluarga, tidak ada yang diotopsi," ujar Pipit.

Sebelumnya, dua orang bocah laki-laki, Nizar (12) dan Okta (12) tenggelam akibat terseret ombak di Pantai Congot, Kulon Progo. Saat kejadian ada 7 orang main air di bibir pantai, tiba-tiba dua korban ini terseret ombak, 5 anak lainnya selamat. (mbr/mbr)