detikNews
Kamis 21 Maret 2019, 22:46 WIB

810 Ribu Benih Ikan Nila Disebar di Bendung Tirtonadi Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
810 Ribu Benih Ikan Nila Disebar di Bendung Tirtonadi Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Sebanyak 810 ribu bibit ikan nila ditebar di Bendung Tirtonadi, Solo. Penebaran bibit ikan ini dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk membuat bendung karet itu menjadi objek wisata air.

Bibit ikan secara simbolis diterima Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dari petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah. Kemudian bibit ikan yang diwadahi kantung plastik itu disebar di sepanjang Bendung Tirtonadi.

Wali Kota Rudy mengenakan jaket pelampung dan menaiki perahu karet. Bersama petugas BPBD Surakarta, Rudy mulai menebar bibit ikan di sisi barat hingga ke sisi timur.

Rudy mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut diharapkan dapat tumbuh besar. Nantinya, ikan tersebut boleh dimanfaatkan masyarakat sekitar ataupun wisatawan.

"Nanti masyarakat boleh memancing di sini, gratis. Tapi jangan pakai jala," kata Rudy usai menebar bibit ikan, Kamis (21/3/2019).

Namun Rudy juga mengingatkan agar kebersihan Bendung Karet terus dijaga. Sebab saat ini masih banyak sampah yang terlihat di atas permukaan aliran Kali Pepe itu.

"Pemancing juga bertanggung jawab dengan kebersihan bendungan ini. Kalau ada pengunjung lain membuang sampah sembarangan harus berani menegur," ujarnya.

Rudy bahkan mengancam akan menghukum pembuang sampah dengan Perda nomor 3 tahun 2010. Ancamannya ialah denda maksimal Rp 50 juta dan kurungan selama tiga bulan.

"Bukannya ingin memenjarakan warga, tapi kita ingin sama-sama merawat aset negara," pungkasnya.

Pemkot Surakarta saat ini masih menunggu penyerahan aset Bendung Tirtonadi dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Usai diserahkan, Pemkot akan segera meresmikannya.

(bai/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com