DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 22:54 WIB

Diguyur Hujan Deras, 5 Desa di Rembang Terendam Banjir

Arif Syaefudin - detikNews
Diguyur Hujan Deras, 5 Desa di Rembang Terendam Banjir Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Sejumlah rumah dan fasilitas umum yang berada di lima Desa di Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, terendam banjir pada Selasa (19/3/19) malam. Banjir terjadi akibat guyuran hujan deras.

Kelima desa itu diantaranya Desa Pamotan, Sidorejo, Ringin, Tempaling, dan Mlagen. Akibat warga juga diungsikan.

Kasi kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Pramujo menjelaskan, rumah yang paling banyak terdampak banjir adalah di Desa Sidorejo. Ketinggian air sempat mencapai 80 sentimeter.

"Air mulai menggenang sekitar pukul 16.00 WIB. Dan beberapa warga yang rumahnya di Desa Sidorejo sempat kami lakukan pengungsian sementara," terang Pramujo saat dihubungi detikcom.

Pramujo merinci, total berdasarkan pendataan tim BPBD, ada sebanyak 46 rumah yang terendam banjir. Ditambah dengan beberapa fasilitas umum sebanyak 3 unit bangunan madrasah yang berada di desa terdampak serta musala.

"Adapun di Desa Sidorejo sawah terendam banjir seluas 7 hektare, di Desa Ringin ada sawah seluas 17 hektare juga terendam banjir. Sementara jalanan desa setempat juga tergenang banjir. Saat ini sudah mulai proses surut," jelasnya.

"Rembang wilayah bagian selatan curah hujan tinggi sehingga sungai tidak mampu menampung aliran air sehingga meluap ke pemukinan penduduk di sepanjang pinggir sungai yang dilewati," pungkas Pramujo.


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed